Alasan Kenapa Update Android Selalu lambat

Alasan Kenapa Update Android Selalu lambat

Alasan Kenapa Update Android Selalu lambat, Kita Harus Ganti Flagship?

Nasib dari pengguna Android kalau terima update sering telat. Pada artikel kali ini kami mau share Alasan Kenapa Update Android Selalu lambat daripada iOS.

Hidup kita mungkin memang sulit. Pada saat kuliah mungkin di antara kalian yang ditinggal teman yang bisa lulus dengan tepat waktu.

Dalam Dunia kerja mungkin ada juga yang masih sering di tinggal teman juga, dalam urusan percintaan dan yang paling terutama adalah masalah dengan Update OS HP Android.

Yang pernah atau saat ini sendang menggunakan Android pasti mengerti tentang perasaan tertinggal melihat rekan-rekan lain. Yang dimana langsung menerima update iOS hanya beberapa waktu setelah diumumkan oleh Apple.

Alasan Utama Membuat Update Android Lebih Lambat

Pada umumnya pemberitahuan mengenai versi Android dan iOS terbaru itu biasanya selalu hampir secara bersamaan sekitar bulan Mei.

Google menggunakan acara Google I/O dalam hal mengumumkan pembaruan  dari versi Android terbaru sedangkan Apple menggunakan acara Apple WWDC dalam memberikan mengumumkan pembaruan versi iOS terbaru.

Pada umumnya iOS versi terbaru akan langsung diluncurkan oleh Apple di bulan September yang berbarengan dengan perangkat iPhone terbaru mereka. Akan tetapi engguna Android tidaklah seberuntung itu.

tidak jarang loh, ada pengguna Android harus gigit jari karena tidak mendapat kepastian kapan Android mereka mendapat update OS Android terbaru.

Pada kesempatan singkat ini, kami mau share alasan kenapa update Android selalu terlambat. Buat yang sudah penasaran, langsung baca aja artikel yang ada dibawah ini.

 1. Banyak Variasi Hardware Pada Android

Berbeda dengan brand Apple yang dimana hanya memiliki satu seti iPhone dengan tipe chipset yang serupa. HP android sendiri jauh lebih beragam soal chipset yang digunakan.

Untuk chipset memang Snapdragon dari Qualcomm mendominasi tapi tidak sedikit juga yang menggunakan chipset lain.

Ada chipset Helio dari MediaTek, Kirin dari anak perusahaan Huawei, HiSilicon, dan Exynos dari Samsung. Dalam penggunakan chipset Snapdragon sendiri memiliki berbagai variasi yang tidak bisa kita hitung dengan jari, mulai dari seri 8, seri 7, seri 6, dan seri-seri lain yang ada di bawahnya.

Tentunya juga setiap chipset pasti telah memiliki berbagai teknologi mereka sendiri dan mereka juga harus bisa memastikan bahwa Android bisa tetap bekerja serta digunakan dengan sangat baik sehingga hal tersebut akan membuat update os android menjadi lebih lambat.

2. Setiap Manufaktur Memiliki Skin Mereka Sendiri

Dalam dunia android itu sendiri memiliki beberapa sifat serupa akan tetapi tidak sama. Yang dimana setiap manufaktur memiliki tampilan Android mereka tersendiri.

Coba saja kalian bandingkan HP Samsung Dengan HP Xiaomi, pasti kalian akan langsung menemunkan pengalaman yang berbeda meskipun dua-duanya menggunakan versi Android yang sama.

Android itu memang sifatnya open-source jadi tentu saja banyak manufaktur yang ditambahkan atau mengubah fitur tertentu pada HP mereka.

Sebagai contoh saja, Samsung menggunakan One UI dan sedangkan pada Xiaomi menggunakan MIUI dan hal ini tentu saja akan memperlambat update Android.

3. Proses Beta Testing Yang komprehensif

Kalau ini sebenarnya tidak hanya ada di Android saja, iOS juga memiliki proses beta testing tapi dikarenakan dunia Android yang lebih berwarna, prosesnya jadi lebih lama.

Pada dunia HP, istilah ini disebut dengan bricked diaman HP tidak bisa bergungsi lagi anda berubah menjadi batu pada atau brick.

Adanya kesalahan pada OS dpaat menyebabkan kondisi ini menjadi sisi manufaktur yang harus memastikan bahwa tidak ada masalah pada update sebelum diluncurkan.

Hal yang selali menjadu sebuah masalahnya tersendiri dari brand terkenal Samsung saja kami jamin punya lebih dari 20 produk yang harus mereka urus sehingga hal tersebut akan  memperlambat proses update versi android terbaru.

4. Karena Tidak ada Keuntungan Finansial

Berbeda dengan Apple dan Google yang juga akan mendapatkan penghasilan setiap kali kita menggunakan layanan mereka. Perusahaan seperti Samsung hanya akan mendapatkan keuntugan dari penjualan HP.

Wajar saja jika mereka suka kelewat santai dan tidak buru-buru untuk mengupdate semua perangkat HP Samsung mereka.

Namin hal ini juga yang menjadi sebuah penyebab kenapa Apple masih teus mengeluarkan iOS terbaru di HP model lama yang sudah keluar 4 tahun lalu dan akan sangatlah berbeda dengan smartphone Android yang hanya mendapat jaminan update 2 tahun.

Itulah tadi beberapa itulah beberapa alasan kenapa update Android selalu terlambat jika dibandingkan dengan iOS.