Wanita gaib dan misterius di Indonesia

wanita gaib dan misterius di indonesia

Wanita gaib dan misterius di Indonesia

Wanita gaib dan misterius di Indonesia – Ada beberapa Mitos tentang beberapa wanita gaib dan misterius yang cukup terkenal di Indonesia. mitos ini suadah menjadi mengakar sehungga muncul adat atau kebiasaan ntuk menghormati meraka di beberapa daerah tertentu di Indonesia.
1. Kanjeng Ratu Kidul ( Nyi Roro Kidul)
hampir seluruh masyarakat Indonesia tahu siapa mengenai Nyi roro kidul, dia percaya sebagai penguasa pantai selatan jawa. terkenal karena kecantikkan dan sangat sakti, sampai sekarang banyak yang masih percaya akan keberadaan dari penguasa laut selatan ini. untuk menghormati keberadaan Nyi roro kidul, masyarakat sepanjang pesisir pantai selatan jawa selalu mengadakan upacara Larung Samudera atau upacara yang lain yang diselenggarakan pada bulan-bulan tertentu untuk menghormati keberadaannya.
2. Mak Lampir
sosok wanita ini adalah legenda masyarakat di kaki gunung Marapi, legenda tentang wanita ini merupakan putri dari kerajaan yang kemudian dibuang karena mencintai kepala pengawalnya, kemudian dia menyepi ke puncak marapi hingga mempunyai kekuatan yang sangat sakti.
3. Nyi Blorong
merupakan salah satu kerabat dari nyi roro kidul, ysng menguasai pantai utara jawa. nyi blorong dikenal sebagai manusia yang berbadan ular.
dan sering kali menyesatkan manusia yang mencari kekayaan lewat pesugihan
4. Dewi Sri
Dewi sri dipercaya masyarakat agraris sebagai dewi kesuburan. dewi sri adalah seseorang dikenal sebagai pribadi yang baik hati, karena itu para dewa bersepakat untuk membunuh dewi sri, setelah memberi dewi sri jasadnya menjadi berj=kah buat makhkluk dibumi. Sehingga banyak masyarakat yang percaya dan memuliakan Dewi Sri karena berkatnya mampu memenuhi kebutuhan mereka.
5. Puteri Junjung Buih
Putri Junjung Buih merupakan sosok yang tidak asing bagi masyarakat yang tinggal di Kalimantan Selatan dan wilayah sekitarnya. Konon, Putri Junjung Buih adalah seorang bayi perempuan yang terapung-apung diatas buih sebuah sungai yang diambil menjadi anak Raja Tua Amuntai.
Putri Junjung Buih ini dipercaya yang menurunan raja-raja di Kalimantan Selatan juga sebagai penguasa sungai dan selat Karimata

Tentang kebenaran dari mitos ini masih menjadi misteri kehidupan dan kembali kepada diri kita masing-masing. terima kasih telah membaca artikel sebagai penambah wawasan anda.