Suku Dayak

suku dayak

 

Suku Dayak
Suku Dayak – Menurut bahasa, sebenarnya Dayak bukan merupakan nama dari sebuah suku. dayak menurut bahasa daerah kalimantan adalah “orang pendalaman”, dayak berarti orang pedalaman yang sangat jauh dari penduduk kota atau kehidupan kota.
Asal-muasal menurut berasal dari sekelompok Austronesia adalah Taiwan sekitar 4.000 tahun . namun orang Austronesia bukan penghuni pertama pulau Borneo / kalimantan.
Suku dayak merupakan salah satu suku bangsa terbesar di indonesia, juga terkenal karena beragam budaya yaitu berupa seni dan budaya, kepercayaan, pola hidup yang menjadi daya tarik para peneliti hingga wisatawan untuk melihat alam dan budaya dimana masyarakat dayak hidup.
ada beberapa hal yang membuat salah satu suku bangsa ini mudah dikenali :
1. Tato
Tato merupakan tradisi yang mempunyai makna tersendiri. dan budaya tato ini menjadi salah satu yang tertua didunia, bagi masyarakat makin banyak tato yang terdapat ditubuh seorang pria, maka semakin banyak pulaa daerah yang sudah ia kunjungi. begitu terkenalnya tato dayak ini, hingga banyak wisatawan yang berkunjung ingin pula memilikinya.
2. Mandau
Salah satu senjata masyarakat dayak yang sangat terkenal, ada beberapa aturan dalam memakai mandau. diantaranya mandau tidak boleh digunakan untuk mengancam dan hanya boleh digunakan untuk membela diri.
3. Perhiasan
masyarakat perhiasan berupa manik-manik yang terbuat batu alam, sedangkan aksesoris yang umum mereka gunakan berasal dari hewan hasil buruan, seperti taring dan gigi beruang atau taring babi biasanya dijadikan “buah” dari kalung mereka.
4. Ilmu Gaib
Sebelum beberapa agama mulai populer di tanah Borneo, suku dayak memang menganut paham animisne. Mereka menyembah roh-roh leluhur dan melakukan ritual-ritual pemujuaan pada roh-roh tersebut. Konon, ilmu gaib orang Kalimantan dikirim melalui median angin atau dikenal dengan ‘racun paser’. ilmu-ilmu yang dikirim lewat media yang kasat mata inilah yang membuat misteri di tanah borneo semakin terkenal.
5. Sumpit
sumpit merupakan salah senjata yang digunakan untuk berperang dan juga berburu. dan sudah menjadi salah aksesoris yang dicari oleh wisatawan.

Suku Dayak adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia yang perlu kita lestarikan. Sama seperti budaya lain di Indonesia yang memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Selama kita hidup dalam damai dan saling toleransi, Indonesia akan terus menjadi bangsa penuh keindahan yang disegani bangsa lain.