Suku Asmat

suku asmat

Suku Asmat

Suku Asmat – Asmat merupakan salah satu suku asli dari pedalaman papua, suku asmat juga suku dari indonesia yang sudah mendunia karena adat istiadatnya yang sangat menarik dilihat dan dipelajari. ternyata suku asmat ppopulasinya terbagi atas 2 berdasarkan tempat tinggal mereka yaitu mereka yang tinggal di pesisir pantai dan mereka yang tinggal di pedalaman. kedua poulasi ini juga berbeda dalam hal dialek, cara hidup, struktur sosial dan ritual. populasi suku asmat juga terbagi atas dua bagian juga yaitu suku Bisman dan suku Simai.
Dalam Artikelnya Peter dan Kathleen Van Arsdele dalam Ensiklopedia Budaya dunia, meyebutkan Asmat dalam bahasa setempat artinya “orang pohon” dalam jurnal tersebut dikatakan juga suku Asmat juga mantan kanibal dan pemburu kepala hingga tahun 1980-an.

Suku asmat karena hasil karya dari budaya mereka yaitu berupa aneka cendera mata, tarian, nyanyian dan pola hidup mereka. beberapa tahun terakhir ini di setiap tahun selalu diadakan festival budaya asmat yang selalu bisa menarik wistawan baik dalam maupun luar negeri untuk berkunjung dan menyaksikan festival ini.

Namun akses menuju asmat selalu menjadi kendala buat wisatawan yang ingin menuju kesana, karena wilayah asmat merupakan salah satu wilayah paling terpencil didunia. karena selama laut pasang pada musim hujan, air bis menembus dua kilometer ke daratan sehingga menjadi berlumpur, saat air surut, barulah daratan bisa dilewati.

Kehidupan dari masyarakat asmat untuk bertahan hidup adalah dengan berburu, hasil dari buruan mereka biasanya dimakan dengan sagu yang merupakan makanan pokok dan beberapa jenis ubi jalar. namun satu yang sangat perlu di contoh dari kehidupan adat dari masyarakat suku asmat ialah hidup berdampingan dengan alam, karena mereka menganggap mereka adalah bagian dari alam sebab itulah mereka sangat menjaga dan menghormati alam sekitarnya

Beberapa waktu yang lalu lewat media massa, kita mendengar dan mengetahui fakta yang mecengangkan bahwa puluhan anak disana meninggal karena menderita gizi buruk dan beberapa penyakit lain. banyak orang yang berkomentar dan berargumen tentang masalah ini, namun tindakan nyata lah yang mereka butuhkan bukan omong-omong kosong yang menghiasi berita. itulah ulasan singkat mengenai salah satu suku bangsa dari indonesia yang sudah mendunia dengan berbagai polemik dalam kehidupan mereka. semakin tahu keberadan mereka semakin memperkaya pengetahuan kita tentang beragam budaya,suku,agama yang ada di Indonesia…..salam NKRI harga mati…..