Spartan Prajurit Tangguh dari Yunani

Spartan Prajurit Tangguh dari Yunani

Spartan Prajurit Tangguh dari Yunani

Yunani negara dari sudah ada ribuan tahun lalu dengan berbagai kisah yang selalu hadir jika kita mempelajari negara ini. ini adalah negara para Dewa dan dewi di Eropa, banyak juga filisuf terkenal yang lahir dari negara ini dan juga kisah-kisah kepahlawanan yang lahir dari negara ini.

Kisah-kisah heroik yang lahir dari negara ini salah satunya adalah Prajurit Sparta. Prajurit Sparta adalah pasukan elit di jamannya, apabila anda pernah menonton film berjudul “300 spartan” apakah hal tersebut benar terjadi, melihat kegigihan yang dilakukan para prajurit untuk mempertahankan negaranya dari ribuan prajurit musuh. Namun menurut para ahli sejarah bahwa pasukan Spartan ini bener-benar ada dan apa yang menjadi legenda tentang mereka itu memang benar, yuk kita cari tahu tentang fakta-fakta tentang Prajurit tangguh ini.

1. Prajurit Sparta di seleksi sejak bayi
Bayi para calon prajurit Sparta ini digembleng dengan didikan keras. Mereka bahkan kerap mendapat treatment mencengangkan seperti ditinggal seorang diri di tempat gelap. Jika bayi itu tidak menangis, maka dialah calon prajurit Sparta tangguh. Selain itu, pendidikan keras sedari kecil diyakini dapat membentuk karakter kuat sang calon prajurit Sparta kelak.
2. Sudah Wajib Militer dari umur 5 tahun
Ingatkah kamu pada saat umur 5 tahun apa yang kamu lakukan. Pasti kebanyakan balita akan bermain bersama ibu mereka. Namun tidak bagi prajurit kecil ini. Pada umur 5 tahun mereka sudah dimasukan ke barak militer. Balita ini diajarkan dasar-dasar menggunakan senjata dan peralatan perang lainnya. Mereka dilatih didalam barak hingga mereka remaja. Oleh karenanya kemampuan mereka sangat jauh berada diatas para prajurit Yunani.
3. Berlatih Bertahan hidup dialam saat remaja
setelah menjalani pendidikan militer di barak yang di mulai sejak umur 5 tahun, saat remaja anak-anak tersebut akan menjalani kehidupan di hutan dengan perlengkapan seadanya, tujuan agar mereka mentaldan fisik mereka semakin terbentuk, banyak yang tidak selamat menjalani latihan ini, namun bagi yang selamat merupakan calon prajurit yang tangguh.
4. Bertarung melawan para budak
Saat memasuki usia 18 tahun para Sparta ini akan disuguhkan menu latihan lebih berat. Yaitu ditugaskan membunuh Helot atau dalam bahasa setempat sering didefinisikan sebagai budak namun mempunyai kemampuan bertarung yang bagus.
5. Dicambuk ratusan kali
Jika para Sparta muda ini sukses membunuh budak, mereka akan menjalani tes ketahanan tubuh lebih gila lagi yakni dicambuk hingga ratusan kali. Jika tes ini berhasil dilalui dengan baik, maka seorang Spartan akan dinyatakan lolos dan dianggap layak menyandang kebanggaan sebagai tentara Sparta. Mereka pun layak maju ke medan pertempuran dengan mengenakan baju besi merah kebanggan orang-orang Sparta zaman dahulu.
Pada jaman itu menjadikan para prajurit ini sangat ditakuti, mendengar namanya saja prajurit musuh sudah merinding dan menjatuhkan mental musuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *