Sejarah Unik Tercipta Kartun Spongebob Squarepants

SpongeBob SquarePants

Pastinya para sahabat sudah mengenal tokoh kartun yang satu ini, makhluk Spons berwarna kuning ini sudah masuk ke industri pertelevisian Indonesia semenjak tahun 2000-an yang lalu.
Kartun serial ini adalah kartun serial yang ada di bawah naungan nama besar Nickelodion.
Dan memang ternyata Nickelodion yang membuat si tokoh Spongebob ini menjadi sangat populer hingga mendunia sampai saat ini.

Perlu anda ketahui, bahwa karakter khas dari si Spongebob ini dulunya diciptakan oleh seorang seniman gambar bernama Stephen Hillenburg.
Selain seorang seniman gambar, Stephen Hillenburg juga adalah seorang ahli biologi kelautan.
Maka, tidak heran jika si Spongebob memang dikisahkan hidup di dasar laut bersama makhluk-makhluk laut lainnya.

 

 

Sejarah Unik Tercipta Kartun Spongebob Squarepants

 

Stephen Hillenburg juga aktif mengajar di bidang biologi kelautan di sebuah Institusi Pendidikan bernama Orange County Ocean Institute.
Di mana kemudian beliau mencoba menulis sebuah komik dengan judul “The Intertidal Zone”, yang kemudian komik itu berkembang dan menjadi cikal bakal karakter SpongeBob itu.

Hingga pada akhirnya di awal tahun 1987, Hillenburg memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya, dengan tujuan agar beliau fokus menekuni dunia animasi.
Selama masa studinya sebagai seorang animator itulah Hillenburg menggambar banyak sketsa mengenai dunia bawah laut.
Pada awal tahun 1992, Hillenburg mulai memperkenalkan si karakter SpongeBob kepada pihak Nickelodeon, dan dari situ mereka memulai erja sama kontrak.

Pada awalnya, si SpongeBob ini bernama SpongeBoy, namun ternyata nama itu sudah ada yang menggunakan.
Setelah memutar otak, Hillenburg memutuskan mengganti nama SpongeBoy menjadi SpongeBob.
Kenapa diberi nama “Sponge”? katanya itu bertujuan agar para penonton tidak menganggap karakter SpongeBob itu dibuat dari sepotong keju, karena memang si SpongeBob memiliki kemiripan dengan bentuk keju.

Kemudian Hillenburg memilih tambahan nama “SquarePants”, adalah untuk memperkuat karakter si SpongeBob yang memang bentuknya kotak dengan setelan jas pada tubuhnya.
Hingga saat ini, SpongeBob sudah dikenal sampai di banyak pelosok dunia, dan akan selalu menjadi kenangan tersendiri bagi para pecinta film kartun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *