Ritual yang menyeramkan dari berbagai suku di dunia

Ritual yang menyeramkan dari berbagai suku di dunia

Ritual yang menyeramkan dari berbagai suku di dunia
Di Indonesia sendiri yang notabene merupakan negara dengan banyak pulau-pulau sudah barang tentu memiliki berbagai macam suku-suku di dalamnya. sama halnya dengan di belahan dunia lain, ada beberapa suku yang memiliki tradisi yang unik dan cukup menyeramkan bila kita ingin tahu, berikut beberapa tradisi dari suku-suku tersebut.

1. Dibiarkan Mati Membeku – Suku Eskimo
Suku Esquimaux adalah suku yang mendiami wilayah kutub bumi termasuk bagian paling timur wilayah Siberia. Ada satu tradisi lain dari Suku Eskimo yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang yakni tradisi mengungsikan orang yang sudah tua ke laut. Para orang lansia yang “diungsikan” ke laut dengan sengaja tersebut dibiarkan begitu saja hingga membeku dan akhirnya mati. Meski kesannya kejam dan seram akan tetapi orang Suku Eskimo sendiri menyebut bahwa tradisi tersebut adalah upaya untuk menghantarkan para orang tua kealam baka tersebut dengan menggunakan cara yang lebih bermartabat.
2. Nagol – Vanuatu
Masyarakat Vanuatu yang wilayahnya berada di selatan Samudra Pasifik sudah terlebih dahulu memiliki tradisi sejenis bungee jumping yang dinamakan Nagol. Tradisi Nagol sendiri termasuk ritual yang seram karena dalam tradisi ini para pria Vanuatu akan naik ke menara yang dibuat dari kayu setinggi 30 meter. Setelah naik keatas, para pria ini akan langsung lompat ke bawah dengan posisi kepala dibawah serta pergelangan kaki yang diikat dengan tanaman rambat tanpa ada alat pengaman apapun lainnya. Uniknya, tradisi berbahaya dan menyeramkan ini secara rutin dilakukan sepanjang bulan April hingga Juni dan merupakan salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke daerah Vanuatu.
3. Ritual Suntik Racun – Suku Matis
Suku Matis yang mendiami salah satu wilayah terpencil di negara Brazil. Suku ini memiliki tradisi atau ritual kedewasaan yang cukup menyeramkan dan bisa dibilang kejam. Bagaimana tidak? Para laki-laki muda yang ingin dianggap dewasa harus melewat beberapa tahapan ritual yang keji diantaranya adalah rela jika matanya ditetesi racun.
4. Ritual Okipa – Suku Mandan
Suku Mandan sendiri adalah suku Indian yang memang masih amat kental dengan tradisi nenek moyang. Bagi Suku Mandan, fase kedewasaan seseorang wajib melewati tahapan ritual yang dinamakan Okipa. dimana mereka akan berpuasa 4 hari setelah itu meraka akan dibawa ke sebuah gubuk kemudian dada serta bahu mereka akan ditusuk dalam ritual kedewasaan Okipa selanjutnya adalah menggantung mereka di atap gubuk hingga pingsan, lalu memindahkannya ke bawah kembali sampai mereka tersadar sendiri. Terakhir setelah mereka terbangun dan sadar, para pemuda Suku Mandan wajib untuk memotong jari kelingking mereka masing-masing.
5. Ritual Sisik Buaya – Suku Sepik
Suku Sepik yang berada di Papua Nugini juga mempunyai ritual yang cukup menyeramkan adalah ritual sisik buaya. Suku Sepik menjalani ritual memodifikasi kulit mereka menggunakan pisau untuk menyayat tubuh mereka hingga terbentuklah sisik kulit yang menyerupai sisik buaya. Bahkan tetua suku biasanya memberikan abu pada luka hasil sayatan pada tubuh para pemuda yang menjalani ritual. Ritual tersebut pun diakhiri dengan upacara sebagai simbolisasi pengakuan mereka merupakan pria sejati.

Menyeramkan bukan tradisi dari beberapa suku tadi. Itulah keaneka ragaman budaya yang ada di dunia ini.