Ragam Tegur Sapa unik di dunia

Ragam Tegur Sapa unik di dunia

Ragam Tegur Sapa unik di dunia
Banyak sekali cara yang di lakukan oleh manusia dalam bertegur sapa, biasanya kita hanya sekedar menjabat tangan bila bertemu atau berkenalan, namun di beberapa tempat melakukan dengan cara yang berbeda.
1. Hongi, Selandia Baru
Hongi ini sangat populer dalam kehidupan sehari-hari hingga dalam beberapa upacara adat. Katanya, kalau kita sudah melakukan Hongi ini untuk pertama kalinya, maka status kita akan meningkat dari manuhiri (tamu) menjadi tangata whenua yang berarti telah menjadi salah satu warga mereka.

2. Kunik, Alaska
Kunik diambil dari tradisi suku Inult. Cara melakukannya sama saja dengan tradisi Hongi yaitu dengan menggesekkan ujung hidung dengan lawan bicara. Filosofi dari Kunik ini adalah sebagai bentuk ungkapan rasa sayang di antara anggota keluarga atau yang dicintai.

3. Bow atau membungkukkan badan, Jepang
tradisi ini dibilang sudah diketahui ke seantero dunia. Gak heran sih, kebudayaan Jepang memang selalu menarik untuk diketahui dan dipelajari. Saat membungkuk mata si penyapa akan tertutup. Semakin lama dan rendah badan yang membungkuk maka menunjukkan hubungan emosional dan rasa hormat yang lebih mendalam.

4. Mengucapkan “wa wa wa”, Suku Dani Papua
Selain berjabat tangan, suku Dani dari Papua, Indonesia ini mengucapkan “wa wa wa” kepada lawan bicaranya. Inilah cara mereka untuk mengatakan selamat datang dan terima kasih. Cara menyapa seperti ini bukan hanya diterapkan kepada sesama Suku Dani, tetapi juga kepada orang asing yang baru mereka kenal.

5. Menjulurkan lidah, Tibet
Kalau kamu berkunjung ke Tibet jangan tersinggung ya kalau ada masyarakat Tibet yang menjulurkan lidahnya alias melet ke kamu. Bukan berarti mereka ngajakin kamu ribut ya. Malahan cara itu mereka gunakan untuk menyapa orang lain dan berkenalan. Konon katanya tradisi ini dilakukan untuk membuktikan bahwa orang tersebut bukan reinkarnasi raja lalim yang pernah memerintah di Tibet. Karena mereka percaya bahwa lidah raja tersebut berwarna hitam.

6. Meludah, Kenya dan Tanzania
Tradisi ini malah memiliki cara yang unik untuk saling menyapa. Di Kenya dan Tanzania atau bergaul dengan Suku Massai, meludah adalah hal yang wajar dilakukan. Hal ini dilakukan untuk saling menyapa antar teman.

7. Mencakupkan tangan, Nepal dan India
Untuk menyapa orang lain biasanya orang-orang di Nepal maupun India mengucapkan kata “namaste” sambil mencangkupkan kedua belah telapak tangan di depan dada. Gak cuma di Nepal atau India yang melakukan tradisi ini, di Bali hal ini juga sering dilakukan.

8. Sentuhan hidung dengan hidung, Oman
Mereka saling menyentuhkan hidungnya dengan mendorong kepala masing-masing. Cara ini bertujuan untuk menunjukkan kekerabatan dan kasih sayang yang dalam.

9. Tepuk tangan, Zimbabwe
Pria akan bertepuk tangan sebagai tanda ucapan halo kepada wanita dan selamat tinggal dengan tangan datar mereka. Tepukan yang cepat juga bisa berarti sapaan terima kasih.