Pohon-pohon tertua di Dunia

Usia bumi sudah semakin tua, dan banyak fakta bahwa bumi ini semakin tua banyak di teliti oleh para ilmuwan. Banyak sekali jejak-jejak tentang usia bumi kita, di dalam bumi kita yang semakin tua ada beberapa fakta unik yang tentang mahkluk hidup yang berada di dalamnya.

Seperti kita ketahui jutaan tahun yang lalu bumi penuh dengan hewan prasejarah, ini dibuktikan dengan penemuan fosil-fosil dari hewan tersebut di berbagai tempat di dunia. namun tahukah anda, bukan hanya hewan prasejarah saja yang pernah hidup di bumi. Namun ada tumbuhan sudah berusia ratusan bahkan sampai ribuan tahun yang sampai sekarang ini masih hidup di bumi ini.

Pohon-pohon ini berhasil diabdikan oleh Beth Moon, seorang fotografer dari San Fancisco, Amerika Serikat. Pohon-pohan tersebut terdapat di kawasan terpencil dan berumur sangat tua. Berikut beberapa pohon yang berhasil di abadikan dalam bentuk foto oleh Beth Moon.

Pohon-pohon tertua di Dunia

Pohon Ek Easebourne. Ratu Elizabeth I berteduh dibawah pohon ini pada tahun 1591 saat mengunjungi Midhurst, Inggris. Pohon ini hidup tanpa gangguan sejak tahun 1532 saat kawasan tersebut dijadikan taman, yakni Taman Cowdray.

Pohon-pohon tertua di Dunia

Pohon General Sherman, Sierra Nevada, di California. Pohon ini begitu besar dan tinggi sehingga seolah mendominasi Taman Nasional Sequoia di California, dan diberi nama General Sherman (seorang jenderal tentara Union pada saat perang saudara di AS ). Pohon ini diyakini sebagai pohon terbesar di dunia, dan diperkirakan berumur 2.500 tahun

Pohon-pohon tertua di Dunia

Pohon Teapot Ifaly, di Toliara, Madagascar. Pohon berbentuk aneh ini memang mirip teapot (teko teh). Dahan-dahannya yang terletak di bagian atas pohon berbatang raksasa ini seolah-oleh seperti akar, sehingga seringkali pohon ini dijuluki “upside-down tree” atau pohon yang terbalik. Diameter batang ini mencapai 13 meter, berumur sekitar 1200 tahun, dan mempunyai kemampuan menampung hingga 117.000 liter air.

Pohon-pohon tertua di Dunia

Pohon Zaitun Zalman, salah satu pohon tertua di Israel, terletak di kawasan Galilee. Batangnya penuh ‘otot’ tak beraturan, dengan cabang-cabang pendek yang penuh dengan buah zaitun. Pohon ini diperkirakan berumur 1000 tahun.

Pohon-pohon tertua di Dunia

Pohon Quiver di Namibia. Selama 20 tahun di awal pertumbuhannya, pohon ini tumbuh setinggi tumbuhan lidah buaya saja. Setelah 20 tahun, barulah pohon tersebut tumbuh tinggi, dan mempunyai batang serta cabang. Setiap cabang terpecah menjadi 2 cabang baru terus menerus. Setelah tumbuh setinggi 10 meter, pohon ini akan berhenti tumbuh. Proses ini memakan waktu 300 tahun.

Pohon-pohon tertua di Dunia

Pohon Linton Yew, di Hertfordshire, Inggris. Banyak yang meyakini bahwa pohon raksasa ini adalah pohon tertua di Inggris. Usianya diperkirakan sudah 4000 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *