Perbedaan Smartwatch Dan Smartband

Perbedaan Smartwatch Dan Smartband

Jangan Keliru! Inilah 5 Perbedaan Dari Smartwatch Dan Smartband

Perbedaan Smartwatch Dan Smartband – Seiring dengan perkembangan teknologi gadget yang selalu terjadi pada setiap tahunnya, kini ada banyak sekali jenis gadget yang tersedia dipasaran.

Dimana pada saat sekarang ini sudah banyak sekali berbagai perangkat smartphone, laptop, konsol game, hingga jam tangan pintar. Hampir serupa dengan perangkat gadget lainnya, jam tangan pintar yang beredar saat ini dipasaran juga memiliki jenis yang berbeda seperti smartwatch dan smartband.

Walaupun kedua gadget jam pintar ini sering dianggap sama, tapi ternyata ada beberapa perbedaan di antara keduanya yang masih tidak di ketahui oleh banyak orang.

Perbedaan Smartwatch dan Smartband

Pada perangkat wearable kini bukan lagi sebuah hal baru di zaman yang serba canggih seperti pada saat kini. Terlebih dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan dan tidak perlu heran kalau perangkat smartband atau smartwatch kini banyak diminati oleh masyarakat.

Kedua perangkat ini sering di anggap adalah perangkat yang sama, berikut ini adalah beberapa perbedaan dari smartwatch dengan smartband.

Fungsi Yang Ditawarkan Dari Kedua Perangkat

Perbedaan pertama yang paling mencolok terdapat di antara perangkat smartwatch dan Smartband adalah fungsi yang ditawarkan oleh kedua perangkat.

Pada umumnya smartwatch akan dibekali dengan spesifikasi, fungsi dan fitur yang lengkap dan hampir sama seperti perangkat smartphone.

Bahkan pada smartwatch kamu juga bisa menginstal beberapa aplikasi pada perangkat yang sedang digunakan. Tidak hanya itu saja, Smartwatch juga bisa menampilkan notifikasi seperti pesan atau panggilan masuk dari hp yang sedang terhubung sehingga sangat memudahkan bagi penggunanya.

Berbeda dengan Smartwatch yang memberikan penawaran berbagai fungsi  cangih dan menarik, namun Smartband adalah perangkat wearable yang berfungsi sebagai fitness tracker bagi penggunanya.

Tentunya juga perangkat ini juga mampu akan bisa melacak berbagai metric yang berhubungan dengan kebugaran dari penggunaya itu sendiri seperti jarak tempuh, jumlah kalori, detak jantung sampai dengan kualitas tidur.

Melalui setiap data yang didapatkan dan akan langsung ditampilkan secara langsung oleh smartband ini, sehingga setiap pengguna bisa langsung melakukan analisa, memahami, serta membuat berbagai perubahan penting dalam meningakatan kesehatan.

Desain

Salah satu perbedaan yang paling terlihat dengan jelas diantara keduanya adalah desain yang yang telah digunakan oleh kedua perangkat ini.

Jika kalian lebih memperhatikan secara seksama, smartwatch memiliki desain ataupun ukuran yang hampir mirip dengan jam konvensional pada umunya.

Tidak hanya itu saja, Smartwatch juga menawarkan dua jenis pilihan pada display bagi penggunanya yaitu analog dan digital.

Dengan menggunakan desain modern  yang telah diusungnya. Smartwatch sangat cocok sekali digunakan bagi kamu yang membtuhkan jam tangan pintar namun tetap ingin terlihat stylish.

Semenrtara itu, Smartband pada umumnya memiliki bentuk yang cenderung lebih sederhana. Dimana memiliki ukuran yang kecil dan memiliki bobot yang ringan dan bentuknya menyerupai gelang.

Pada display Smartband juga umumnya memiliki bentuk persegi panjang dengan lebar layar yang hampir menyerupai strap karet itu sendiri.

Harga

Dengan perbedaan fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh kedua perangkat ini, maka tidak heran jika harga dari ke 2 perangkat smartwatch dibandrol dengan harga yang lebih mahal daripada smartband.

Pada perangkat Smartwatch sendiri biasanya dibanderol dengan kisaran harga mulai dari 1 juta hingga 5 juta atau bahkan akan lebih tinggi.

Sementara itu, pada perangkat smartband yang memiliki fungsi yang lebih sedikit akan dibandrol dengan harga yang jauh lebih murah yaitu dengan harga kisaran mulai dari 200 ribu hingga 1 juta.

Meskipun begitu, tapi saat ini banyak juga memiliki merek-merek China yang meluncurkan perangkat Smartwatch dengan harga murah. Tentu pastinya memiliki kualitas yang lebih rendah.

Teknologi Display yang Digunakan

 

Perbedaan selanjutnya yang terdapat di antara kedua perangkat wearable ini adalah teknologi display yang diadopsinya. Perangkat Smartwatch yang banyak tersedia di pasaran saat ini hampir semuanya telah menggunakan layar LCD backlight atau OLED layaknya teknologi layar pada HP.

Bahkan, beberapa Smartwatch jug telah sudah menggunakan teknologi layar terbaru yaitu AMOLED yang telah menjadi andalan bagi vendor HP flagship.

Sementara itu, pada Smartband yang berfungsi sebagai fitness tracker biasanya menggunakan teknologi display yang standar.

Namun, kini seiring dengan perkembangan teknologi, perangkat Smartband juga sudah banyak yang dibekali dengan layar OLED sehingga memiliki tampilan yang tidak kalah menariknya.

Smartwatch yang Terkesan Lebih Mewah

Smartwatch pada umumnya memiliki desain stylish dan fitur yang lebih lengkap. Tentunya hal ini membuat perangkat Smartwatch terkesan lebih premium jika dibandingkan dengan Smartband.

Selain itu, Smartwatch juga umumnya telah dibekali dengan material yang berkualitas sehingga mampu memberikan nilai prestige bagi penggunanya.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Smartwatch dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan smartband. Tapi, meskipun punya harga yang lebih mahal, Smartwatch tetap banyak dicari oleh para konsumen.

Author: jordan smith