Perayaan Tahun baru yang unik di Beberapa Negara

Perayaan Tahun baru yang unik di Beberapa Negara

Perayaan Tahun baru yang unik di Beberapa Negara
Perayaan Tahun baru selalu penuh dengan kemeriahan, setiap negara selalu berlomba-lomba membuat perayaan tersebut semakin istimewa dan berkesan, ini merupakan salah satu cara juga dari setiap negara untuk menarik minat turis asing untuk datang dan ikut merayakan Tahun Baru di negara mereka. Perayaan tersebut merupakan suatu promosi mengenai tempat, budaya, dan adat istiadat dari negara tersebut, sekaligus meningkatkan pendapatan negara dari industri pariwisatanya. berikut beberapa negara yang menpunyai cara unik menyelenggarakan Perayaan Tahun mereka.
1. Tradisi 12 anggur, Spanyol
Untuk menyambut pergantian tahun, Orang Spanyol biasanya memakan 12 buah anggur saat malam pergantian tahun. Apa latar belakangnya? Ternyata orang Spanyol percaya dengan memakan 12 buah anggur mereka akan mendapatkan 12 bulan yang manis sepanjang tahun.

2. Sup Tteokguk, Korea
Dalam malam pergantian tahun Warga Korea menyantap sup bening panas yang disebut Tteokguk. Tteokguk ini terdiri dari irisan tipis kue beras sebagai simbol umur panjang. Karena kepercayaan itu mereka yang ingin berumur panjang menyantap habis sup Tteokguk hingga habis.

3. Tradisi Koin emas dan kue
Dalam menyambut tahun baru masyarakat Yunani menyiapkan hidangan khusus yang dikenal dengan Vassilopiita atau kue St. Basil (tahun baru bertepatan dengan Festival St. Basil). Dalam kue ini terdapat sekeping koin emas. Siapapun yang mendapat potongan kue dengan koin di dalamnya akan mendapat keberuntungan di tahun yang baru.

4. , Skotlandia
Orang Skotlandia punya tradisi yang dikenal dengan nama Hongmanay dalam menyambut tahun baru. Dalam tradisi ini orang-orang Skotlandia akan saling mengunjungi kerabat dan para tetangga untuk pertama kalinya di tahun yang baru. Nggak cuma berkunjung, mereka biasanya membawa buah tangan berupa kayu bakar untuk perapian atau kue. Uniknya, jika tamu yang pertama kali datang berkunjung ke rumah adalah pria tampan, tinggi dan berkulit gelap, maka dipercaya keberuntungan akan meliputi umah tersebut setahun ke depan.

5. Oshogatsu, Jepang
Tahun baru juga jadi momen penting bagi masyarakat Jepang. Tahun baru menjadi simbol pembaharuan bagi orang Jepang. Meeka biasanya mengadakan pesta yang disebut Bonenkai. Tujuannya adalah untuk melupakan masalah dan kegagalan di tahun yang lalu dan merayakan tahun yang baru. Tepat ketika detik pergantian tahun, kuil-kuil Buddha membunyikan gong sebanyak 108 kali sebagai simbol menghalau 108 kelemahan manusia.

6. Lompat Kursi, Denmark
Lain Spanyol, lain pula dengan Denmark. Orang Denmark menandai tahun baru dengan melempar gelas dan piring bekas ke pintu rumah kerabat dan keluarga. Mereka juga punya ritual untuk naik ke atas kursi kemudian melompat bersama-sama. Dengan cara ini, mereka percaya sudah “melompat” meninggalkan keburukan di tahun sebelumnya ke tahun yang baru.

7. Serba Bulat, Filipina
Ada kepercayaan antara keberuntungan dan benda bulat di Filipina. Mereka percaya benda yang berbentuk bulat adalah tanda keberuntungan karena bentuknya yang mirip koin. Saat tahun baru mereka tampil dengan banyak benda bulat seperti baju dengan motif polkadot, kue-kue berbentuk bulat hingga menyantap 12 jenis buah.