Mata Uang Paling Aneh Dan Unik Di Seluruh Dunia

Mata Uang Paling Aneh Dan Unik Di Seluruh Dunia

Mata Uang Paling Aneh Dan Unik Di Seluruh Dunia – Uang merupakn salah satu alat untuk melakukan transaksi kepada penjual dan pembeli. Dengan uang apa pun yang di inginkan pasti dapat kesampaian, dengan uang anda dapat membeli apa saja yang bisa untuk melengkapi kehidupan anda.
Uang sendiri tidak hany aberbentuk kertas, melainkan juga ada berbentuk koin.

Baca juga

Namun saat ini anda akan mendapatkan informasi baru mengenai beberapa jenis uang unik dari berbagai negara di seluruh penjuru dunia.

Uang Kayu Jerman

Setelah Perang Dunia I, Jerman jatuh ke dalam depresi ekonomi paling buruk dalam sejarah. Tingkat inflasi tak terkendali, yang memaksa banyak kota membuat mata uang sendiri yang disebut sebagai “Notgeld” atau uang darurat. Mata uang tersebut terbuat dari bahan apapun yang bisa mereka buat dengan tangan, termasuk dari bahan kayu seperti foto diatas. Saat ini, Notgeld menjadi benda koleksi yang sangat mahal dan selalu dicari orang.

Koin Pidato JFK di Mongolia

Ini mungkin mata uang paling aneh dalam daftar ini. Pada tahun 2007 Mongolia menerbitkan koin bergambar Presiden AS John F Kennedy. Ini cukup aneh mengapa Mongolia membuat gambar Presiden Amerika di mata uangnya. Tapi yang lebih aneh lagi, koin tersebut bisa mengeluarkan suara pidato terkenal JFK saat berada di Jerman Barat berjudul “Ich bin ein Berliner” atau “I am Berliner”. Sampai sekarang masih belum jelas alasan mengapa Mongolia memutuskan membuat koin ini.

Ithaca Hours

Ithaca adalah sebuah kota hippies kecil yang terletak di bagian utara kota New York, tempat kampus terkenal Universitas Cornell. Sejak 1991, kota ini menerbitkan mata uang sendiri yang disebut “Ithaca Hour”. Mata uang ini dikeluarkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal kota tersebut. Hampir 900 usaha bisnis di Ithaca masih menerima mata uang ini.

Mata Uang Kamp Konsentrasi

Selama Holocaus, Nazi memperkenalkan uang yang hanya digunakan di dalam kamp-kamp konsentrasi dan pemukiman ghetto. Penggunaan pertama kali diketahui dimulai dari ghetto Lodz pada tahun 1940. Selama lima tahun kedepan, setiap kamp konsentrasi dan ghetto Jerman yang berada di Polandia, Cekoslovakia dan Belanda memiliki mata uangnya sendiri.

Koin Kanada yang bisa menyala dalam gelap

Mungkin hanya untuk bersenang-senang, Kanada menciptakan koin koleksi yang bisa berpendar dalam gelap. Koin itu bergambar seekor dinosaurus jenis Pachyrhinosaurus lakustai, yang fosilnya ditemukan di Alberta pada 1972. Di sisi sebelahnya bergambar Ratu Elizabeth, yang ini tidak bercahaya.

Koin Air Suci Palau

Di tahun 2008, untuk memperingati ulang tahun ke 150 penampakan Perawan Maria di Lourdes, negara kepulauan Palau menerbitkan koin dolar perak dengan tabung kecil berisi air suci dari gua di Lordes, Perancis.

Uang Kertas Penghematan dari Zaire

Pada tahun 1997, rezim totaliter Joseph Mobutu, Pendiri Negara Afrika Zaire terjungkal. Akibat kondisi keuangan negara yang seret, Republik Demokratik Kongo, nama baru dari negara tersebut, memutuskan untuk melakukan penghematan. Mereka tidak mencetak mata uang baru, tapi hanya memotong bagian wajah pemimpin lama mereka dari lembaran kertas uang yang beredar. Alhasil, bertebaran-lah lembaran uang kertas bolong di seluruh negara Kongo.

Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital. Tidak ada yang mengontrol mata uang ini dan mata uang ini tidak dicetak. Nilai mata uang ini hanya tersimpan di server super komputer. Dalam beberapa tahun terakhir, Bitcoin menjadi semakin populer dan makin banyak bisnis online yang mulai menerima transaksi memakai mata uang jenis ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *