Legenda Urban Asal Tiongkok Yang Paling Kuno

 

Legenda Urban Asal Tiongkok Yang Paling Kuno – Kisah urban legend selalu menarik untuk di kupas, mengingat nilai sejarah dan pengaruhnya pada sebuah kebudayaan. Dari benua Eropa, Amerika hingga Asia memiliki kisah urban legend mereka sendiri. mulai dari cerita hantu, makhluk mitologi hingga kisah dewa-dewi, cerita tentang makhluk dunia lain ini selalu memiliki tempat tersendiri.

Di daratan Eropa sekalipun, beberapa kisah urban legend termasuk cukup populer. Kita semua pasti pernah mendengar cerita, Wolverin, Drakula hingga Frankenstien. Mereka inilah sosok-sosok urban legend yang telah mendunia, karena diangkat dalam beberapa film. Hal ini menunjukan bahwa kisah urban legend tetap memiliki tempat yang cukup spesial meski jaman telah kian modern.

Selain di Eropa, tempat lain yang juga memberi sedikit ruang istimewa untuk kisah urban legend adalah China. Negeri yang memiliki julukan “Tirai Bambu” ini terkenal memiliki ribuan kisah yang beberapa diantaranya telah diangkat dalam film.

Baca Juga

Jiangshi

Jiangshi

Bagi kalian yang tumbuh besar pada tahun 90an, pasti sudah tak asing lagi dengan film cina yang menceritakan tentang vampir. Nah vampir asal cina yang hanya bisa meloncat-loncat ini namanya Jiangshi. Menurut legenda yang ada, Jiangshi ini konon merupakan mayat dari seorang sarjana yang mati dalam peyesalan, karena meninggal sebelum sempat mengabdi untuk kerajaan. Pada zaman dulu di Cina, seseorang yang ingin bekerja untuk kerajaan harus mengikuti ujian yang sangat sulit di ibukota. Ujian ini sendiri kebanyakan tentang ilmu perang dan sastra. Karena itu banyak orang dari seluruh penjuru Cina datang dan menetap di ibukota untuk bisa belajar dan menjalani ujian untuk menjadi ppejabat negara.

Karena ujian ini sangat sulit dan lama, kadang kala bahkan ada yang sampai mati. Nah saat meninggal inilah mayat seorang calon sarjana biasanya akan dikirim ke kampung halamanya. Sedangkan sosok Jiangshi merupakan sarjana yang berhasil lolos ujian, tapi meninggal sebelum sempat dilantik. Karena itu saat di kirim kekampung halamanya, ia dipakaikan atribut pejabat lengkap.

Saat dikirim inilah konon mayat Jiangshi bangkit dari kematian dan berubah menjadi zombie vampir. Jiangshi yang telah bangkit konon akan memburu orang yang masih hidup untuk menyedot energi “Qi” mereka. Qi sendiri merupakan energi kehidupan bagi manusia, yang kemudian di ganti menjadi darah dalam film-film tentang vampir cina.

Nama Jiangshi sendiri berasal kata Jiang yang berarti “kaku” hal ini merujuk pada, kisah yang ada dimana tubuh Jiangshi yang telah kaku sebelum bangkit. Karena tubuhnya yang kaku inilah maka Jiangshi konon hanya bisa meloncat untuk berpindah tempat.

Nian

Nian

Bagi yang hidup di desa, kisah tentang hal-hal mistis dan juga legenda kuno merupakan hal yang umum untuk diceritakan orang tua pada anaknya. Hal ini juga berlaku di Cina, di sana ada sebuah legenda kuno tentang makhluk gaib bernama Nian yang biasa muncul di daerah pedesaan. Nian ini digambarkan sebagai makhluk ganas yang datang dari arah gunung untuk memangsa orang-orang yang ada di desa.

Jiu Feng

Jiu Feng

Di puja sebagai Dewa oleh penduduk provinsi Hubei pada jaman kuno. Jiu Feng merupakan sosok mahluk mitiologi yang di gambarkan sebagai buruh phoenik dengan 9 kepala. Burung legedaris ini muncul beberapa literatur kuno Cina dan konon merupakan makhluk yang sangat sakti hingga bisa mengakibatkan bencana maupun kesenangan. Kisah ini diantaranya tertulis dalam sejarah Kerajaan Chu pada tahun 475-221 sebelum masehi yang memperlihatkan sosok Jie Feng sebagai dewa yang mereka sembah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *