Legenda unik dari Gerhana Matahari

Legenda unik dari Gerhana Matahari

Legenda unik dari Gerhana Matahari
Ada banyak hal-hal unik, melegenda dan mistis akan adanya gerhana matahari. Seperti yang kita ketahui gerhana matahari terjadi karena posisi bulan sedang berada diantara Bumi dan Matahari. pada jaman dahulu dimana ilmu pengaetahuan belum semaju sekarang, gerhana matahari merupakan kejadian yang mengerikan dan sering dihubungkan dengan hal-hal yang berbau mistis. ketakutan-ketakutan ininlah kemudian muncul sebagai pertanda akan datangnya kiamat, berikut ini legenda tentang gerhana matahari.
* Beruang Berkelahi dengan Bulan
Berasal dari cerita suku Pomo yang mendiami Utara Amerika, mereka percaya bahwa gerhana matahari merupakan akibat ulah dari seekor beruang yang mengigit bulan. konon ada beruang yang marah terhadap matahari daa mulai mengigitnya. akibat digigit beruang matahari menghilang dan terjadilah gerhana Matahari. namun akhirnya beruang dan matahari kembali berdamai lagi.
* Matahari dan Bulan Bertengkar
Bagi masyarakat Suku Inuit yang mendiami daratan Greenland di Alaska. Matahari dan Bulan merupakan kakak-adik, menurut mereka penyebab gerhana merupakan buah dari pertengkaran dari Malina sang Dewi matahari dan Anningan si Dewa Bulan.
* Matahari dan Bulan sedang dicuri
Masyarakat Korea memiliki mitos mengenai gerhana Matahari, dalam mitos etrsebut terdapat seekor anjing raksasa bernama Bulgae yang konon merupakan penyebab terjadinya gerhana. menurut mereka gerhana yang terjadi merupakan ulah dari Bulgae yang mencuri Bulan dan Matahari atas suruhan rajanya yang merupakan penghuni sebuah dimensi gelap yang sama sekali tak memiliki cahaya. dimana Bulgae diutus untuk mencuri Bulan dan Matahari dari Bumi. Namun akhirnya Raja dan Bulgae menyadari bahwa BUlan dan Matahari tidak cocok untuk dunia meraka. Karena itu mereka akhirnya mengembalikan MAtahari dan bulan ketempatnya semula di Bumi.
* Dewa sedang marah
Hellios merupakan Dewa Matahari bagi bangsa Yunani Kuno. Dewa inilah yang dipercaya mempengaruhi pergerakan matahari di bumi.Bangsa Yunani kuno juga percaya jika terjadinya Gerhana Matahari merupakan kehendak dari Helios. Gerhana dianggap sebagai pertanda bahwa dewa sedang marah dan akan terjadi bencana dan kehancuran di muka bumi. Menurut masyarakat yunani kuno akan munculnya penghuni dunia bawah ke permukaan bumi dan menebar kehancuran di seluruh muka bumi.
itulah beragam mitos dan legenda yang muncul saat terjadinya gerhana matahari. Namun sering berkembangnya jaman hal itu gerhana mereka matahari merupakan suattu fenomena alam yang terus akan terulang dan dapat dijelaskan secara keilmuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *