Lakukan 7 Hal Ini Untuk Menghindari Nyeri Otot

Lakukan 7 Hal Ini Untuk Menghindari Nyeri Otot

Olahraga untuk menjaga kesehatan dan bentuk tubuh memang penting untuk dilakukan secara rutin. Kadang olahraga rutin ini menyisakan permasalahan lain salah satunya adalah nyeri pada otot atau pegal-pegal. Hal seperti ini sebenarnya sangat wajar terjadi apalagi untuk kamu yang sering berolahraga dengan sesi latihan yang cukup berat.

7 Langkah-langkah ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada otot sekaligus membantu masa pemulihan.

1. Kompres dengan es

Nyeri setelah berolahraga bisa berkurang dengan kompresan es. Sesaat setelah latihan berat nggak ada salahnya untuk mengompres bagian yang dirasa nyeri. Kompresan es ini dapat membantu meringankan rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan pada otot. Para atlit profesional juga biasa melakukan hal ini untuk mengurangi rasa sakit sesaat setelah berolahraga.

2. Gunakan koyo atau penghangat 

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan penghangat. Panas bisa meningkatkan sirkulasi darah yang bisa membantu mengurangi peradangan pada otot. Coba deh gunakan koyo atau penghangat lain, berendam di air hangat juga disarankan dilakukan setelah melakukan olahraga berat.

3. Jangan lupa untuk terus minum air putih

Sama seperti saat berolahraga, air putih juga jadi hal penting setelah selesai sesi latihan atau olahraga. Jadi usahakan terus terhidrasi dengan baik setelah sesi olahraga berat.

4. Coba makan nanas atau ceri

Ternyata nanas juga memiliki efek yang baik untuk meringkan nyeri otot yang disebabkan setelah olahraga berat. Menurut beberapa penelitian bromelain enzim yang ditemukan dalam nanas memiliki anti-inflamasi yang kuat. Enzim ini sangat penting perannya saat menyembuhkan nyeri atau peradangan otot. Selain itu ceri juga mengandung senyama serupa yang bisa mengurangi inflamasi.

5. Coba makan nanas atau ceri

Pernah dengan soal foam roll? Foam roll atau foam roller adalah alat bantu yang bisa membuat otot-otot lebih rileks saat berolahraga ataupun setelah berolahraga. Jadi coba deh untuk latihan ringan menggunakan foam roll setelah melakukan olahraga berat.

6. Konsumsi makanan yang penuh dengan asam lemak tinggi

Asam lemak tinggi atau Omega 3 sangat baik untuk recovery setelah melakukan olahraga berat. Coba untuk mengonsumsi makanan yang penuh dengan asam lemak tinggi seperti telur atau salmon. Kedua jenis makanan ini bisa mengurangi nyeri pada otot dan memperbaiki radang otot dengan cepat.

7. Pijat bagian yang terasa nyeri

Kamu dapat memijat bagian yang terasa nyeri atau pegal tapi ingat jangan terlalu kencang. Coba untuk melakukan pijatan ringan pada bagian tubuhmu yang terasa pegal atau nyeri. Pijatan ini lebih baik dilakukan sehari setelah kamu melakukan olahraga berat ya.

Cara-cara ini bisa meredakan rasa nyeri atau pegal setelah anda melakukan olahraga. Selain itu selama berolahraga anda juga harus memperhatikan beberapa hal misalnya saja dengan memperhatikan postur tubuh yang tepat. Kalau anda tidak ingin merasakan pegal atau nyeri setelah berolahraga jangan sampai anda lupa untuk melakukan pemanasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *