Kepiting Unik di Dunia

Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura, yang dikenal mempunyai “ekor” yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), atau yang perutnya (abdomen) sama sekali tersembunyi di bawah dada (thorax). Berikut ini adalah beberapa jenis kepiting yang unik.

Kepiting Spider

Kepiting Unik di Dunia

Kepiting Spider berwarna merah kuning dan kecoklatan. Hidup didasar laut yang berpasir hingga 5 meter dibawah permukaan laut. Disebut juga Spinny Crab karena kulitnya berbentuk hati memanjang serta kaki yang menyerupai laba-laba. Kepiting betina mempunyai daging yang lebih beraroma dari yang jantan.

 

Kepiting Salju

Kepiting Unik di Dunia

Kepiting salju badannya bulat dengan ujung bawah melebar. Termasuk keluarga kepiting spider. Kulitnya berwarna jingga kecoklatan. Kepiting salju hidup di air dingin di kedalaman 58 meter dibawah permukaan laut. Yang sering dijadikan tangkapan adalah jenis jantan karena lebih besar ukurannya.
Dipasaran kepiting jenis ini dikenal dengan merk kepiting queen. Tapi kini dikenal sebagai kepiting salju didaerah Asia.

Kepiting melingkar

Kepiting Unik di Dunia

Circular crab ( kepiting melingkar ) ini memiliki nama latin atau nama ilmiah (Atelecyclus rotundatus). Selain disebut Circular crab, kepiting ini juga meiliki banyak nama umum seperti misalnya round crab ( kepiting bulat ) dan old man’s face crab ( kepiting berwajah orang tua ).

Kepiting ini biasa dijumpai di pantai barat Eropa dan Afrika serta hampir semua Laut Mediterania dan di pulau Cape Verde dan pulau Canary.

Kepiting Bertopeng                

Kepiting Unik di Dunia

Masked Crab ( kepiting bertopeng ) atau juga disebut dengan helmet crab or sand crab. Nama latin atau nama ilmiahnya Corystes cassivelaunus. Kepiting ini ukuranya sekitar 4 cm dan biasanya ditemukan  di Atlantik Utara dan Laut Utara dari Portugal ke Norwegia , yang juga di Laut Mediterania. Dinamakan kepiting bertopeng karena karapas kepiting ini menyerupai wajah manusia.

 

Kepiting Hantu Atlantik

Kepiting Unik di Dunia

Kepiting Atlantic ghost crab ( Kepiting hantu atlantik) memiliki nama ilmiah atau nama latin Ocypode quadrata. Kepiting ini umumnya banyak ditemukan di sepanjang Atlantik pantai dari Amerika Serikat. Karena warnanya yang putih itu sebabnya dia disebut seperti hantu.