Kepiting Terbesar di Dunia

  • CrabZilla

Kepiting Terbesar di Dunia

Crabzilla adalah kepiting  yang mempunyai kaki-kakinya yang panjang dan cakar yang mematikan, kepiting yang dijuluki Crabzilla ini memang memiliki tubuh dengan ukuran yang luar biasa. Kaki-kakinya sangat panjang, jika dibentangkan mencapai ukuran tiga meter. Saking besarnya, Crabzilla jari kakinya bisa tertarik hingga 4,57 meter. Bukan itu saja, pertumbuhan kepiting ini terus bertambah, bahkan bisa hidup mencapai 100 tahun. Kepiting ini ditemukan di Jepang. Terlepas dari ukuran yang luar biasa, laba-laba kepiting Jepang berbeda dari kepiting lain dalam beberapa hal. Exoskeletons mereka membantu melindungi mereka dari predator yang lebih besar seperti gurita, tapi raksasa kepiting juga menggunakan kamuflase. Karapas bergelombang kepiting dapat dipadukan dengan bebetuan ke dasar laut berbatu. Untuk adaptasi, kepiting ini akan menghiasi cangkangnya dengan spons dan hewan lainnya

  • Tasmania King Crab

Kepiting Terbesar di Dunia

Tasmania King Crab atau kepiting raksasa dari Australia, kepiting ini ditemukan di wilayah Australia oleh seorang pekerja akuarium. Berat kepiting ini adalah 6.8 Kg dan lebarnya mencapai 38CM. Kepiting raksasa Tasmania, Pseudocarcinus gigas (kadang-kadang dikenal sebagai kepiting laut raksasa, kepiting selatan raksasa atau ratu kepiting) adalah spesies yang sangat besar dari kepiting yang berada di dasar berbatu dan berlumpur di lautan lepas Southern Australia. Ini adalah satu-satunya spesies dalam genus Pseudocarcinus.

Kepiting Raksasa Tasmania hidup di dasar berbatu dan berlumpur di lautan lepas Southern Australia di tepi landas kontinen pada kedalaman 20-820 meter (66-2,690 ft). Paling banyak di 110-180 meter (360-590 ft) di musim panas dan 190-400 meter (620-1,310 kaki) di musim dingin.

  • Kepiting Kenari

Kepiting Terbesar di Dunia

Birgus Latro, atau Coconut Crab dan di Indonesia biasa kita kenal dengan sebutan Kepiting kenari adalah artropoda darat paling besar di dunia. Berat Kepiting kenari betina mencapai 4 kilogram dengan panjang mencapai 40 cm dan bentangan kaki mencapai 2 meter, dan ukuran jantan biasanya akan lebih besar daripada ukuran betina. umur dari artropoda darat ini bisa mencapai 30-60 tahun. Sepasang kaki depan kepiting kenari mempunyai capit besar yang berfungsi untuk mengupas kelapa cakarnya juga bisa mengangkat benda dengan berat 29 kilogram. Meskipun Birgus latro adalah tipe turunan dari umang-umang, hanya kepiting muda yang memakai kulit keong untuk melindungi perutnya yang lunak, dan kadang-kadang hewan dewasa memakai batok kelapa yang pecah untuk melindungi perutnya. Kepiting kenari dewasa tidak membawa kulit keong mereka, melainkan mengeraskan perisai perutnya dengan menumpuk kitin dan kapur. Mereka juga membengkokkan ekor mereka untuk melindungi diri. Seperti pada kepiting pada umumnya.