Kepiting Merah Yang Suka Bermigrasi

Kepiting Merah Yang Suka Bermigrasi

Bukan hanya manusia yang dapat bermigrasi ternyata kepiting merah juga dapat melakukan imigrasi. Hal ini terjadi di Christmas Island. Christmas Island merupakan wilayah Australia di Samudra Hindia. Jaraknya sekitar 2.600 kilometer sebelah barat laut dari kota Perth, Australia Barat. Dan pulau ini menjadi habitat bagi 14 spesies kepiting darat, yang paling populer adalah kepiting merah atau Gecarcoidea natalis. Kepiting ini adalah pemakan apa saja. Mereka bisa memakan daun-daun gugur, buah-buahan, bunga, biji-bijian, hewan mati, bahkan memakan temannya sendiri dan sampah manusia.

Kepiting Merah Yang Suka Bermigrasi

Christmas Island menghadirkan pemandangan menarik disetiap tahunnya karena tidak hanya menjadi rumah bagi para penduduk, ternyata setiap jelang akhir tahun Christmas Island juga menjadi rumah bagi jutaan kepiting merah yang bermigrasi. Mereka bergerak dari hutan ke pantai untuk berkembang biak dan bertelur.

Kepiting Merah Yang Suka Bermigrasi

Setiap tahun jalanan dan pantai Christmas Island akan selalu dipenuhi kepiting merah. Umumnya, migrasi hewan bernama latin Gecarcoidea natalis ini akan terjadi menjelang musim hujan. Kepiting merah melakukan migrasi dari hutan menuju laut untuk bertelur dan melepaskan telurnya. Setelah menetas bayi-bayi kepiting merah muncul dari laut dan berpindah ke daratan untuk tumbuh. Bayi-bayi kepiting mulai keluar dari perairan hingga jumlahnya semakin banyak dan menutup jalanan.

Karena hewan ini juga merupakan hewan yang aktif pada siang hari sehingga bisa menganggu aktivitas Anda ketika melewati jalan raya. Hewan-hewan yang melintasi jalanan bisa membuat ban kendaraan motor menjadi bocor karena capit mereka.

Untuk memberi kenyamanan para wisatawan, pengelola taman nasional akan menaungi para kepiting. Mereka juga akan mengatur perlintasan jalan hingga memasang “pagar kepiting” di sepanjang jalur migrasi untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan mengantisipasi agar bayi-bayi kepiting tidak terinjak, sejumlah jalanan dan bangunan harus di tutup.

Kepiting Merah Yang Suka Bermigrasi