Kepiting Kulit Lunak Buatan

Kepiting Kulit Lunak Buatan

 

Bagi yang suka makan kepiting tetapi malas untuk mengupasi kulit dan cangkangnya yang keras. Kini ada kepiting yang sengaja dikembangkan agar cangkangnya yang keras menjadi lunak. Kepiting yang dimaksud adalah kepiting soka atau kepiting lemburi atau bahasa bule nya disebut soft shell crab adalah sebutan untuk kepiting yang dikonsumsi dalam keadaan kulit yang masih lunak karena baru berganti kulit atau moulting. Tentu saja sebelum dikonsumsi harus di masak terlebih dahulu sesuai selera. Jadi kita tidak perlu lagi memakan kepiting dengan teknik kuno dimana kita harus bersusah payah mengorek cangkang kepiting yang keras untuk mengambil dagingnya. Kepiting ini biasa dibudidayakan di daerah Bakau.

Kepiting Kulit Lunak Buatan

Daging kepiting rendah lemak, tinggi protein, serta sumber mineral dan vitamin. Meski mengandung kolesterol, daging kepiting ini rendah kandungan lemak jenuh. Selain juga merupakan sumber niacin, folate, dan potasium, vitamin B12, phosporous, zinc, copper, dan selenium. Selenium berperan mencegah kanker dan perusakan kromosom, serta meningkatkan daya tahan terhadap infeksi virus dan bakteri. Selain itu, Fisheries Research and Development Corporation di Australia melaporkan bahwa dalam 100 gram daging kepiting bakau mengandung 22 mg Omega-3 (EPA), 58 mg Omega-3 (DHA), dan 15 mg Omega-6 (AA) yang begitu penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak.

 

Cara beternak kepiting soka sebenarnya mudah, namun dibutuhkan keahlian khusus dan tangan-tangan terampil untuk melakukannya. Memelihara kepiting soka tidak dilakukan dengan cara menebar bakal-bakal kepiting secara sembarangan ke dalam tambak, melainkan kita harus menempatkannya ke dalam keramba-keramba setelah proses cutting dilakukan, lalu membenamkannya ke dalam tambak. Proses cutting hingga masa panen hanya akan berlangsung singkat, yakni sekitar 15 hari saja, karena kalau terlalu lama maka cangkang yang telah memasuki tahap pelunakan bisa mengeras lagi.

Pakan yang digunakan untuk pembesaran kepiting soka pada umumnya yaitu daging kerang, ikan rucah, maupun pelet. Daging kerang dan ikan rucah yang setengah kering dicincang hancur dan diberikan secukupnya. Jika pakan yang sebelumnya  masih ada berarti porsi bisa kita kurangi. Namun jika pakan dimakan habis, maka bisa kita tambah.

Kepiting Kulit Lunak Buatan