Jamur yang Menyala dalam Kegelapan

Jamur yang Menyala dalam Kegelapan

Jamur Luminescent atau disebut juga The Glowing Mushroom ditemukan pertama kali di Vila de Natividade, Brazil. Jamur jenis genus Neonothopanus atau Mycena ini nampak seperti jamur pada umumnya di siang hari dan mengeluarkan cahaya di malam hari.

Jamur ini tersebar banyak di Amerika Utara, Asia, Eropa, dan Australia. Uniknya hanya jamur di bagian Amerika Utara pesisir timur saja yang bisa berpendar, di Amerika Utara bagian barat justru tidak.

Jamur Luminescent berbentuk kecil seperti paku yang menempel pada batang atau ranting pohon yang sudah kering. Jamur ini memiliki kemampuan bioluminescence atau bioluminesensi, yaitu kemmapuan untuk menghasilkan cahaya nya sendiri yang dimiliki makhluk hidup karena adanya reaksi kimia tertentu. Selain Jamur Luminescent, Bioluminescene ini juga dimiliki oleh binatang seperti ubur-ubur dan kunang-kunang. Para peneliti yang meneliti jamur ini percaya bahwa jamur luminescent menghasilkan cahaya melalui campuran kimia dari dua luciferin dan luciferase. Luciferase adalah enzim yang membantu interaksi antara luciferin, air, dan oksigen sehingga menghasilkan senyawa baru yang dapat menghasilkan cahaya.

Jamur Luminescent mengeluarkan cahaya 24 jam/hari tetapi dapat dilihat pada malam hari atau suasana gelap. Kemampuan menyala yang dimiliki jamur ini digunakan untuk menarik serangga atau hewan nokturnal untuk membantu penyerbukan sehingga mampu menyebarkan sporanya dan dapat berkembang biak.

Jamur yang Menyala dalam Kegelapan

Bagi yang ingin melihat keindahan dan kecantikan jamur yang satu ini sebenarnya anda tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Brazil atau negara yang lainnya, karena jamur ini pun bisa anda temukan di daerah hutan wisata Gunung Halimun yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Namun karena jamur yang satu ini bercahaya ketika malam hari, maka anda pun harus melakukan perjalanan di malam hari. Untuk menemukan Jamur Luminescent tidak mudah karena meski bercahaya, cahaya sangat redup bagi mata manusia. Di malam hari saat sinar bulan yang cerah cahaya dari bulan bisa lebih terang dari pada Jamur Luminescent sehingga jamur tidak terlihat. Pada malam yang berawan datang, ini adalah kondisi yang bagus untuk mencari Jamur Luminescent.

Jamur yang Menyala dalam Kegelapan