Ikan Ahli yang Memanah

Ikan Ahli yang Memanah

Ikan pemanah (bahasa Inggris: Archerfish banded), atau Toxotes jaculatrix, adalah ikan dari genus archerfish Toxotes . Ikan pemanah yaitu terdapat di payau perairan muara dan bakau, tetapi kadang dapat ditemukan di laut terbuka serta sejauh hulu di air tawar. Ikan pemang tersebar luas dibeberapa negara di dunia, seperti di India, Filipina, Australia dan Indonesia.

Ciri Khusus ikan pemanah berdasarkan bentuk dan ukuran tubuhnya adalah memiliki sirip punggung yang ditetapkan jauh ke belakang, dan profil garis lurus dari sirip punggung ke mulut. Memiliki mulut dengan bentuk protractile, dengan rahang bawah menonjol keluar. Ukuran tubuhnya umumnya kecil, sekitar 5-10 cm. Ikan ini dikenal karena kemampuannya untuk meludah sebuah jet air untuk “menembak jatuh” mangsa. Spesimen yang lebih besar mungkin mampu memukul mangsa 2 sampai 3 meter (6 kaki 7 sampai 9 ft 10 in) pergi. Ikan Pemanah dapat mencapai mangsa dalam 50 milidetik.

Ikan Ahli yang Memanah

Bagaimanakah cara Ikan pemanah memanah atau menyemprotkan air dari dalam permukaan air, padahal air dan udara tentunya akan menghasilkan pembiasan cahaya yang akan menipu pemandangan mata. Karena kerapatan air dan udara berbeda, kita tentunya akan kesulitan dengan sudut yang terjadi pada udara dan air tersebut. Jika kita memandang kedalam air dengan sudut 90 derajat tentunya tidak akan terjadi pembiasan, namun jika bergeser saja sedikit maka Anda tentunya akan dapat melihat pembiasan tersebut.

Ikan Ahli yang Memanah

Ikan memanah ini dapat mengincar santapannya walaupun ikan ini dan mangsanya memiliki kemiringan sudut hingga 40 derajat. Inilah keistimewaan ikan memanah yang dapat dengan akurat mengincar mansanya walapun dalam sudut sebesar atau sekecil apapun. Ikan yang hidup di dalam air tawar ini mampu menyemburkan air kepada mangsanya sehingga mangsanya tersebut terjatuh kedalam air dan kemudian ia dengan mudahnya menyantapnya. Makanan ikan pemanah merupakan serangga-serangga kecil, seperti : laba-laba, lalat, lebah, capung, dll. Ikan ini memiliki ciri sirip punggung yang terletak jauh di belakang dan berbeda dengan ikan pada umumnya. Selain itu ciri lainnya adalah memiliki profil dengan garis lurus mulai sirip punggung hingga ke mulutnya.

Ikan Ahli yang Memanah

Pada jarak yang pendek dari mangsanya ikan ini akan memilih untuk melompat untuk mencapai mangsanya. Karena seringkali jika mangsa sudah disemprot dan jatuh ke air. Ikan pemanah harus berebut dengan ikan pemanah lain.

Ikan Ahli yang Memanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *