Festival Meti Kei Yang Sangat Populer

Festival Meti Kei Yang Sangat Populer

Festival Meti Kei Yang Sangat Populer

Festival Meti Kei Yang Sangat Populer – Kei merupakan salah satu kepulauan Di Indonesia Timur yang masuk kedalam Provinsi Maluku. Mungkin terdengar asing di telinga anda. Namun kepulauan ini masuk kedalam “Hidden Paradise” oleh Kementerian Pariwisata Indonesia. Karena wilayah Kei merupakan Kepulauan, maka ada fenomena alam yang luar biasa yang terjadi di kepulauan.

Fenomena alam tersebut merupakan surutnya air laut yang cukup luas bahkan bisa mencapai kiloan meter dari bibir pantai. Fenomena alam ini oleh masyarakat Kei disebut dengan nama “Meti Kei”.

Dari fenomena alam yang sangat luar biasa ini oleh pemerintah setempat kemudian suatu acara yang di beri nama Festival Meti Kei. Yang bertujuan untuk meningkatkan potensi pariwisata di daerah ini. Berikut ini apa yang anda temukan bila mengikuti festival meti kei :

1. Meti Kei

Meti Kei - Festival Meti Kei Yang Sangat Populer

Meti kei merupakan fenomena yang terjadi setahun sekali antara bulan Oktober sampai dengan awal November. Dimana surutnya air laut bahkan bisa menyambungkan dua pulau yang tadinya terisah oleh lautan.

Hamparan pasir putih dan aneka biota laut menjadi pemandangan yang cukup menakjubkan dan bila kita berpindah kepulauan Tayando yamtel. Air laut bisa surut bahkan bisa menghubungkan tiga pulau sekaligus.

2. Fenomena Lidah Pasir

Fenomena Lidah Pasir - Festival Meti Kei Yang Sangat Populer

Pada saat meti terjadi, beberapa pantai akan mengalami fenomena lidah pasir ini salah satunya adalah Pantai Ngurtafur, yaitu munculnya pasir seperti lidah yang menjulur dilautan biru.

3. Fenomena Karang Genus Acropora

Fenomena Karang Genus Acropora

Karang ini adalah jenis terumbu karang laut yang muncul ke permukaan laut, anda tidak perlu menyelam / diving karena sudah tersajikan di depan anda karena surutnya air laut

4. Tradisi Menangkap Ikan Pada Saat Meti Kei Di Pantai Dengan Budaya Wer Warat

Tradisi Menangkap Ikan Pada Saat Meti Kei Di Pantai Dengan Budaya Wer Warat

Wer warat merupakan cara menangkap ikan dengan cara menganyam daun kelapa bertingkat-tingkat. Membentuk jaring setelah akan ditenggelamkan. Kemudian akan ditarik kepantai pada saat air surut.

Masyarakat kemudian akan berpastisipasi menangkap ikan dengan cara tradisional dengan cara ditombak. Itulah beberapa fenomena alam yang terjadi pada saat festival meti kei.

Bagi anda seorang traveler ini merupakan satu tujuan wisata yang akan sulit anda lupakan pengalamannya.  Bila sudah berkunjung dan meyaksikan dan terlibat dalam festival meti kei ini. Kepulauan Kei “The Most Popular Hidden Paradise” yang dimliki oleh Indonesia.

Baca Juga Artikel menarik Berikutnya :

Author: jordan smith