Festival Budaya di Indonesia

Festival Budaya di Indonesia
Festival Budaya di Indonesia – Indonesia merupakan salah satu negara dengan suku bangsa terbanyak didunia, sekitar 500-an suku dari setiap suku bangsa memiliki budaya yang beraneka ragam. Dengan banyaknya kebudayaan yang dimilikinya, indonesia memilki beragam festival kebudayaan yang mempunyai keunikannya masing-masing. Bagi anda seorang Traveler jangan lewatkan beberapa festival budaya ini, berikut beberapa festival budaya yang ada di Indonesia :
1. Festival Lembah Baliem, Papua
Festival lembah Baliem pertama kali di gelar 1989 di setiap bulan Agustus. pergelaran ini merupakan acara perang antar suku Dani, Lani dan suku Yali, peperangan terjadi dengan adanya sebuah skenario yang mengawali peperangan dari ketiga suku tersebut. inti dari peperangan ini merupakan lambang kesuburan dan kesejahteraan bagi ketiga suku tersebut, dan festival ini sudah berlangsung turun temurun di lembah baliem.

Festival Budaya di Indonesia
2. Festival Pasola, Sumba
Pasola merupakan bagian dari serangkaian upacara tradisonal yang dilakukan oleh orang sumba yang masih menganut agama Marapu (agama lokal masyarakat sumba). Pasola dalah permainan ketangkasan saling melempar lembing kayu sambil menunggang kuda, festival Pasola diadakan antara bulan febuari hingga maret setiap tahun diadakan pada empat kampung di kabupaten Sumba barat, yaitu Kodi, Lamboya, Wonokaka dan Gaura.

Festival Budaya di Indonesia
3. Festival Loncat Batu, Nias
Ini merupakan olah raga dari suku Nias, sekaligus sebagai ritual pemuda Nias mendapatkan status kedewasaan. Dengan mengenakan pakaian perang khas Nias para pemuda harus berpartisipasi harus melompati susunan bangunan batu setinggi 2 meter.

Festival Budaya di Indonesia
4. Festival Karapan Sapi
beberapa kota di pulau Madura biasanya menyelenggarakan Karapan sapi ini pada bulan Agustus dan September setiap tahunnya. karapan sapi merupakan istilah perlombaan pacuan sapi, pada lomba ini terdiri dari dua sapi yang menarik kereta kayu tempat joki berdiri mengendalikan sapi, dengan berpacu dengan trek pacuan sepanjang 100 meter.

Festival Budaya di Indonesia
5. Festival Komodo, NTT
salah satu festival untuk mendongkrak pariwisata tentang pulau Komodo. festival ini diramaikan dengan karnaval, pawai budaya,[ameran dan atraksi kesenian. Dan yang paling menarik dari dari tradisi ini adalah tari caci yang merupakan tari perang uang dimainkan sepasang penari laki-laki yang bertarung dengan cambuk dan perisai.

Festival Budaya di Indonesia
6. Festival Danau Toba, Sumut
festival ini muncul dan mengganti Pesta Danau Toba yang kurang menarik animo pengunjung. festival Danau Toba menjadi daya tarik pariwisata dengan terus mengangkat budaya lokal dari masyarakat disekitar danau toba yang dikemas dengan lebih profesional.

Festival Budaya di Indonesia
7. Festival Grebeg Maulud, Yogyakarta
festival ini biasa dilakukan pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam festival ini kita kan melihat perarakan gunungan ditengah-tengah masyarakat, gunungan ini berisikan macam sayur-sayuran dan hasil bumi lainnya sebagai lambang dari kemakmuran dan kekayaan tanah mataram.

Festival Budaya di Indonesia
8. Festival Reog Ponorogo, Ponorogo
Reog sudah dikenal didunia, dikota Ponorogo lahir kesenian ini. sebelum bulan suro dalam penanggalan jawa atau bulan Muharam, masyarakat disana selalu menggelar festival reog nasional di alun-alun Ponorogo.

Festival Budaya di Indonesia
9. Festival Timba Laor, Ambon
festival ini seperti dengan bau nyale di lombok, festival Timba Laor festival ini merupakan aktifitas mencari cacing laut diantara karang di sepanjang pesisir pantai biasanya di kawasam Nusaniwe dan Leitimur selatan, dimana cacing laut akan ditangkap dan diolah kemudian disajikan dan disantap bersama-sama.

Festival Budaya di Indonesia
10. Festiva Erau Kertanegara, Tenggarong Kaltim
Erau merupakan traisi yang dilaksanakan setiap tahunnya dikota Tenggarong, Kuta Kertanegara Kalimantan Timur. Dahulu Erau hanya diselenggakan untuk lingkungan kerajaan, namun sekarang festival ini diambil alih oleh pemerintah dan diperingatan sebagai hari jadi kota Tenggarong.

Festival Budaya di Indonesia