Fakta Unik Yang Terdapat pada Ikan Paus

Fakta Unik Yang Terdapat pada Ikan Paus

Fakta Unik Yang Terdapat pada Ikan Paus – Ikan paus merupakn salah satu hewan terbesar di dunia, dan ikan paus merupakan jenis ikan yang terbesar di lautan.
Meskipun ikan pasu merupakan hewan terbesar di dalam lautan, ikan paus bukanlah hewan yang temasuk berbahaya. Bisa di buktikan dengan beberapa pelayan yang sedang mencari ikan di laut, tidak pernah terdapat berita mengenai hewan satu ini yang menyerang manusia hingga memakkan korban jiwa.

Ada banyak jenis ikan paus yang hidup di lauatan indonesia maupun lautan dunia. Antara lein jenis ikan paus itu ialah paus bungkung, paus sperma, paus biru, paus pembunuh ikan dan banyak lagi lainnya.

Baca juga

 

Ini dia beberapa fakta unik mengenai ikan paus.

1. Walaupun memiliki tubuh yang sangat besar, ternayat ikan paus kebanyakan tidak memiliki gigi apa lagi gigi yang tajam. Mereka menggunakan piring sisir seperti serat yang disebut baleen untuk menyaring krustasea kecil dan makhluk lain dari air yang bisa mereka makan.

2. Di perkiran terdapat lebih dari 80 jenis ikan paus yang memiliki bentuk yang berbeda dan ukuran yang berbeda pada setiap jenisnya.

3. Paus merupakan jenis ikan yang hidup secara berkelompok. Di dalam kelompok ikan paus bersama-sama menjaga anak-anaknya dari hewan predator lainya yang terdapat di dalam lautan.

4.Paus yang ditemukan di bumi bagian utara dan bumi bagian selatan tidak pernah bertemu atau berkembang biak bersama-sama. Migrasi mereka diberi batas waktu secara alami sehingga mereka tidak pernah berada di daerah yang sama pada saat yang sama.

5. Bibir bawah yang melengkung yang terdapat pada ikan paus sering dapat membuatnya terlihat seperti sedang tersenyum, namun hal ini tidak nyata. Bibir yang terlihat seperti sedang tersenyum itu sebenarnya adalah lemak yang terdapat di kepala paus untuk mencegah otot-otot wajah mereka mencapai permukaan air.

6. Para ilmuwan mengetahui usia seekor ikan paus dengan melihat pada konektor lilin ditelinganya. Konektor yang terdapat di telinganya ini memiliki pola lapisan yang ketika dipotong memanjang dapat digunakan untuk memperkirakan usia ikan paus.

7. Paus adalah ikan yang suka menyanyi. Mereka menggunakan ini sebagai panggilan untuk pasangan, cara untuk berkomunikasi dan juga hanya untuk bersenang-senang. Setelah periode waktu tertentu mereka akan bosan dengan lagu ikan paus yang sama dan mulai menyanyikan lagu yang berbeda.

8. Kadang-kadang paus membuat kesalahan navigasi selama migrasi. Meskipun telah terjadi selama berhari-hari namun mereka sering tidak menyadarinya dan mereka baru menyadarinya sampai mereka terdampar. Karena itulah kadang-kadang kita menjumpai ikan paus yang terdampar dipantai pada musim migrasi mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *