Fakta Unik Uang Negara Lain

Fakta Unik Uang Negara Lain – Bicara soal keunikan uang masih inget ga kalau kita dulu pernah makai uang dari “plastik” ? Yup itu adalah uang pecahan Rp 100.000 keluaran tahun 1999, dibilang unik karena sebelumnya semua uang Rupiah dicetak menggunakan bahan kertas/kapas. Menurut Bank Indonesia penggunaan polimer sebagai bahan uang sih biar ga cepet rusak kayak uang dari bahan kertas. Nah sekarang mari kita lihat uang negara lain yang ternyata memiliki keunikannya sendiri.

1. Uang Poundsterling bisa buat mainin vinyl
Uang Poundsterling bisa buat mainin vinyl
Michael Ridge seniman dari Inggris nemuni fakta ternyata duit 5 pundsterling bisa buat mainin vinyl, itu loh semacam piringan hitam, nah dia pakai ujung duit kertas sebagai pengganti kepala vinyl.
2. Orang yang masih hidup ga bisa muncul di uang Dollar
Orang yang masih hidup ga bisa muncul di uang Dollar
Pada tahun 1866, Kongres Amerika Serikat mengeluarkan sebuah undang-undang yang melarang potret atau gambar orang-orang yang hidup untuk tampil dalam surat berharga, catatan moneter, atau mata uang pos, dan masih berlaku sampai sekarang. Spencer M. Clark, pengawas Biro Mata Uang Nasional pada tahun 1860-an adalah orang yang bertanggung jawab atas hal tersebut. Selama Perang Sipil, banyak orang yang mulai menimbun koin perak dan emas. Untuk mengatasi kekurangan koin, Departemen Keuangan Amerika Serikat mengeluarkan uang kertas dengan nilai 3 sen, 5 sen, 10 sen, dan sebagainya.Sebagai pengawas, Spencer memainkan peran penting dalam perancangan dan pengawasan peraturan baru tersebut. Pada cetakan ketiga dari uang bernilai 5 sen, Kongres meminta petugas yang sedang bertugas untuk mencetak wajah William Clark, seorang penjelajah yang terkenal dengan Lewis and Clark Expedition. Namun ketika dokumennya sampai ke meja Spencer, ia hanya membaca nama belakang Clark yang kebetulan sama dengan namanya sendiri dan malah mencetak wajahnya sendiri dalam uang kertas tersebut. Kebingungan pun terjadi saat para anggota kongres melihat hasil cetakan uang yang ternyata wajahnya tidak mirip dengan wajah William Clark. Seorang anggota kongres, Russell Thayer dari Pennsylvania, sangat terkejut dengan apa yang dilakukan Spencer dan menganjurkan untuk mengubah undang-undang mata uang A.S. Hingga akhirnya tepat pada tanggal 7 April 1866, Kongres mengabulkan permohonan Thayer yang menyatakan bahwa uang A.S. tidak akan pernah menampilkan “potret atau rupa orang hidup” lagi.3. Negara ini bakal punya uang koin Star Wars

Negara ini bakal punya uang Star Wars
Saat negara lain ribut gara-gara pemilihan tokoh yang dimasukkan ke dalam mata uang,  negara di kepulauan Polynesia bernama Niue bekerjasama dengan percetakan mata  uang Selandia Baru membuat mata uang bergambar Pokemon, Star Wars, dan Frozen sebagai gambar uang koin mereka. Niue juga dijuluki sebagai tempat “Karang Polinesia“. Meski memiliki pemerintahan sendiri, Niue berasosiasi secara bebas dengan negara Selandia Baru.

Koin khusus ini sebetulnya masih dalam mata uang Dollar Selandia Baru. Namun, pemerintah setempat berusaha meluncurkan koin Pokemon ini setiap tahunnya dalam rangka peringatan khusus. Awalnya, Niue mencetak koin khusus ini pada 2001 dengan gambar Pikachu.  Selain koin Pokemon, Niue juga memiliki koin edisi spesial lainnya. Seperti koin karakter Disney yang dirilis pada 2014.

4. Inggris punya uang koin dengan gambar puzzle
Inggris punya uang koin dengan gambar puzzle
Kenapa disebut Puzzle? karena dengan menyatukan koin-koin ini dengan urutan yang benar baru lah kelihatan gambar perisai
5. Mind Your Business, dude
Mind Your Business, dude
Slogan “In God We Trust” di uang koin Amerika baru muncul tahun 1864, nah sebelumnya uang koin yang didesain oleh Benjamin Franklin ini memakai slogan “Mind Your Business”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *