Fakta tentang Pesawat yang perlu anda ketahui

Fakta tentang Pesawat yang perlu anda ketahui

Fakta tentang Pesawat yang perlu anda ketahui

Bagi anda yang sering berpergian dengan menggunakan transportasi udara seperti pesawat mungkin ada beberapa hal yang mungkin tidak ketahui. Beberapa fakta ini hanya diketahui oleh pilot dan awak kabin. Kini giliran kita untuk mengetahuinya.

1. Pilihan Kursi Spesial di Pesawat
Saat di pesawat, kamu bisa loh memilih kursi spesial yang pas sama keinginan kamu. Pertama, buat kamu yang bertubuh tinggi, kamu bisa mengambil kursi di sebelah pintu emergency. Di area ini ada space yang lebih leluasa, jadi kamu enggak akan kecapekan karena harus menekuk kaki selama di pesawat.

Kedua, kalau enggak mau keberisikan sama suara mesin pesawat, kamu bisa duduk di dekat ‘hidung’ pesawat. Misalnya enggak dapat area ini, alternatif lainnya adalah dengan duduk di kursi area tengah, bukan di dekat jendela.

Ketiga, pilih kursi di area depan kalau kamu mau dapat banyak variasi makanan. Biasanya awak kabin bakal mulai membagikan makanan dari area depan, jadi kamu bisa bebas memilih

2. Pesawat didesain anti-petir
Bentuk pesawat memang didesain anti-petir. Berdasarkan estimasi, petir menyambar satu pesawat tiap tahunnya. Satu dari 1.000 jam perjalanan udara, pesawat disambar petir. Meski begitu, sejak 1963 tak ada pesawat yang jatuh karena petir. Berterima kasihlah kepada teknologi anti-petir yang memungkinkan energi listrik dari petir mengalir lewat badan pesawat dan kembali ke udara luar tanpa menimbulkan sedikit pun kerusakan.

3. Ban pada pesawat terbang didesain anti pecah
Mungkin sebagian dari Anda bertanya, apakah mungkin ban pada pesawat terbang sewaktu-waktu bisa pecah karena menopang beban yang sangat berat? Jawabannya tidak. Ban yang ada di bagian bawah pesawat didesain anti pecah. Ban ini bisa menopang beban hingga 38 ton, meski pesawat dalam kecepatan 170 mil per jam saat mendarat.

4. Kursi tidak pas dengan Jendela
Pernah enggak kamu merasa heran, kenapa sih posisi jendela pesawat enggak pas dengan kursi kita? Biasanya, penumpang harus melongok ke depan atau malah ke belakang, biar bisa melihat pemandangan dari atas pesawat.

Mungkin ada yang berpikir hal ini terkait keselamatan atau teknis yang njelimet banget. Ternyata alasannya, agar suatu maskapai bisa memaksimalkan jumlah kursi penumpang di dalam pesawat mereka. jadi, walaupun enggak pas lihat ke jendela, maskapai punya ruang lebih untuk menampung penumpang.

5. Beberapa pesawat punya kamar tidur kecil
Dalam penerbangan jarak jauh, awak kabin bisa bekerja hinga 16 jam daam sehari. Untuk menghindari para awak kabin dari kelelahan, beberapa pesawat seperti Boeing 777 dan 787 Dreamliner memiliki kamar tidur kecil. Ruangan ini bisa diakses lewat tangga tersembunyi yang hanya diketahui awak kabin. Ruangan tersebut biasanya memiliki langit-langit yang rendah, dengan 6-10 kasur, kamar mandi, dan terkadang in-flight entertainment.

6. Tak ada kursi paling aman di pesawat Beberapa waktu lalu, TIME pernah membuat
penelitian dan menyimpulkan bahwa kursi di bagian tengah pesawat adalah yang paling aman dari kecelakaan. Namun, Federal Aviation Administration (FAA) mengatakan tidak ada kursi paling aman dalam pesawat.

Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai Pesawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *