Fakta tentang Gunung Kemukus

fakta tentang gunung kemukusFakta tentang Gunung Kemukus
Fakta tentang Gunung Kemukus – Gunung Kemukus sebuah gunung yang terletak di desa Soko Pendem, kecamatan SumberLawang Kabupaten Sragen Jawa Tengah, merupakan suatu tempat yang disakralkan dengan hal-hal yang berbau klenik. Gunung kemukus merupakan kawasan dengan pemandangan alam yang indah dikelilingi oleh aliran air Waduk Kedung Ombo. Dengan landscape yang cukup menarik tersebut, wajar kalau gunung kemukus dijadikan tempat wisata alam yang sangat menarik.
Wilayah di Gunung Kemukus terdapat makam dari Pangeran Samudera, menurut cerita Pangeran Samudera merupakan orang sakti pada masa hidupnya. Bagi para peziarah diwajibkan untuk melakukan “nyekar” ke makam dari Pangeran Samudera para peziarah juga diwajibkan untuk mandi di salah sumber matai air yang berada di dekat makam dari Pangeran Samudera.
Dibalik Cerita yang berkembang dimasyarakat mengenai tempat ziarah, ada fakta unik dan menarik yang juga berkembang tentang ritual aneh yang berkembang dan terus menjadi suatu ritual yang harus dijalani oleh setiap peziarah setelah melakukan “nyekar” ke makam Pangeran Samudera. Menurut cerita yang berkembang mengenai kehidupan dari Pangeran Samudera merupakan seorang Pangeran dari kerajaan Demak yang diusir oleh ayahnya kemudian mengembara dan singgah di Gunung Kemukus, karena merasa rindu dengan ibunya yaitu R.A Ontrowulan akhirnya Pangeran Samudera melepas rindu dengan ibunya di gunung Kemukus. karena terlalu rindu dengan ibunya mereka melepas sebagai ibu dan anak, namun semua menjadi beda karena kerinduan yang sangat besar Pangeran dan ibunya melakukan hubungan suami-isteri. namun aksi dari mereka diketahui oleh masyarakat sekitar, pada akhirnya akibat dari perbuatan mereka masyarakat membunuh pangeran Samudera bersama ibunya. Sebelum ajal menjemput Pangeran Samudera sempat berujar “bahwa siapa yang bisa melanjutkan hubungan intim mereka segala permintaanya akan terkabul”.
Dari cerita tersebut selain ziarah dan mandi bertambah lagi satu ritual aneh yang berkembang di masyarakat yaitu ritual seks setelah melakukan ritual ziarah dan mandi di makkam Pangeran Samudera. Fakta ini yang kemudian membuat wisata ziarah ke Gunung Kemukus semakin terkenal dimayarakat.
Sungguh Miris dengan melihat dari ritual yang berkembang sekarang ini. masyarakat salah menafsirkan wasiat dari pangeran samudera Bahwa siapa yang berziarah harus mempunyai hati yang senang,percaya,dan mantap sperti datang ke rumah kekasihnya. wasiat itulah yang disalahtafsirkan oleh beberpa orang ngalap berkah di makkam Pangeran samudera dengan harus berhubungan badan.
dari cerita-cerita tersebut pada akhirnya membuat stigma yang jelek mengenai wisata ziarah ke gunung Kemukus, wisata ziarah yang bertujuan mulia berakhir dengan ritual seks untuk mendapatkan kekayaan.
Pada akhirnya tempat wisata Gunung Kemukus lebih terkenal dengan wisata “ritual seksnya ” dibandingkan wisata ziarah dan wisata alamnya.