Fakta Seputar Ikan Louhan

Fakta Seputar Ikan Louhan

Ikan louhan atau lebih dikenal dengan nama Flowerhorn merupakan ikan hias air tawar yang dijadikan ikan hias favorit di seluruh dunia termasuk Indonesia.
Kecantikan ikan hias yang satu ini mampu menarik perhatian para penggemar ikan hias sehingga membuat ikan ini popular.
Sisiknya yang mengkilap layaknya mutiara dan memiliki banyak corak disekujur tubuhnya. Mulai dari ekor, sirip, badan hingga kepalnya.
Tidak lupa ada hiasan benjolan menonjol pada dahinya yang biasanya disebut jenong nampak seperti mahkota pada bagian kepalanya.

 

Fakta Seputar Ikan Louhan

 

Ada beberapa fakta menarik seputar ikan louhan, berikut ini beberapa fakta menarik tersebut.

Ikan Louhan Bukan Ikan Biasa
Ikan louhan bukanlah ikan biasa, karena konon di Taiwan ikan ini dipercaya membawa keberuntungan dalam geomansi.
Ikan ini juga bukan hasil peranakan dari keturunan ikan louhan, melainkan ikan louhan adalah hasil hybrid,
atau persilangan dari Parrot Cichil yang diimpor dari Taiwan kemudian dikembangkan di Negara Malaysia secara bersamaan dan kemudian melahirkan ikan lohan sebagai hasil persilangan ikan sebelumnya.

Perkawinan silang pada tahun 1995 yang kemudian melahirkan generasi baru dari ikan louhan yang dinamakan sebagai five-color god of fortune.
Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tenologi akhirnya membuat ikan jenis ini memiliki banyak spesies baru yang kemudian bermunculan dan menjadi semakin popular dikalangan masyarakat.

Ikan Louhan Termasuk Ikan Penyendiri
Ikan Louhan termasuk jenis ikan yang memiliki sifat Teritorial habit.
Kebiasaanya yang hidup sendiri dan individual ini membuatnya akan segera mengusir pendatang bari dengan mnyerang scara ganas,
jika lawannya tidak seimbang maka kematian salah satu ikan hias dalam satu akuarium itu akan menjadi korban.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Louhan

Untuk keamanan dan kenyamanan, sebaiknya ikan louhan dipelihara sendiri apalagi jika termasuk ikan dewasa.
Dengan demikian keselamatan dan kecantikan ikan hias ini akan tetap terjaga dengan baik.
Jika kamu masih ingin memlihara beberapa louhan dalam satu akuarium, maka sebaiknya antara louhan yang satu dengan louhan yang lain diberikan sekat dengan kaca sehingga tidak terjadi kontak langsung.

Untuk Perawatan Ikan Louhan Terhitung Mudah
Ikan louhan jenis Flowerhorn Cichlid sebaiknya dirawat pada suhu air sekitar 80o hingga 85o F, tentunya dengan pH kurang dari 7,4 sampai 8,0.
Ikan ini biasanya membutuhkan ruang yang lumayan sekitar 20 hingga 30 galon untuk pertumbuhannya. Untuk volume akuarium bisa disesuaikan dengan ukuran ikan.

Untuk ikan louhan dengan ukuran 5 hingga 7,5 cm bisa digunakan akuarium dengan ukuran 20 x 30 cm,
jika ukuran ikan louhan sekitar 10 hingga 15 cm memakan ruang yang cukup besar sekitar 40 x 60 cm2, begitu seterusnya menyesuaikan dengan ukuran ikan louhan yang dipelihara.

Baca Juga: Cara Merawat Ikan Louhan

Untuk jenis pakan yang diberikan kepada louhan sebenarnya hampir sama dengan ikan air tawar pada umumnya yaitu cacing rambut atau cacing tanah.
Agar tidak terkena penyakit ada baiknya pakan yang diberikan dibilas dahulu. Sebaiknya selingi juga dengan memberikan pelet sebagai pakan ikan jenis ini.

Ikan Louhan Itu Unik
Beberapa keunikan dari ikan louhan adalah kebiasaannya yang terbilang unik, yakni kebiasaan mengumpulakn kerikil.
Kemudian untuk louhan yang berwana merah, pada umumnya tidak selamnya akan berwana merah namun kadan akan berubah warna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *