Desa Wisata terbaik yang ada di Indonesia

Desa Wisata terbaik yang ada di Indonesia
Indonesia terkenal dengan banyak tempat pariwisata, wisata alam dan wisata budaya. ada beberapa desa di Indonesia terkenal karena budaya dan alamnya yang sangat indah, memiliki budaya yang masih kental dalam kehidupan masyarakatnya sehari-hari.
Desa-desa yang seperti dijelaskan diatas tadi semakin menjadi primadona pariwisata. para turis yang datang tertarik dengan budaya dan cara hidup dari desa-desa tersebut.
Desa Panglipuran, Bali
Desa Panglipuran memiliki luas sekitar 112 hektar, dengan sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani, peternak dan pengrajin bambu. Saat masuk ke kawasan desa, kita tidak akan menemukan motor. Desa ini mendapat penghargaan kalpataru karena kebersihan dari desa Panglipuran.

Desa Wisata terbaik yang ada di Indonesia
Desa Wae Rebo, Flores
Nah, kalau desa satu ini sudah terkenal di dunia sebagai salah satu desa unik, yaitu Desa Wae Rebo, di kawasan Desa Wae Rebo terdapat sekitar 7 rumah utama dimana rumah tersebut dihuni lebih dari satu kepala keluarga, uniknya, bentuk dari rumah tersebut tidak seperti rumah pada umumnya lho. Rumah rumah di Desa Wae Rebo ini berbentuk kerucut, untuk menuju ke Desa Wae Rebo sendiri tidaklah mudah. Kita harus trekking dengan jalur naik karena lokasi Desa Wae Rebo berada di ketinggian, namun sesampainya di lokasi, rasa lelahmu akan terbayar dengan pemandangan alam yang super indah.

Desa Wisata terbaik yang ada di Indonesia
Desa Kate Kesu, Sulawesi Selatan
Kete Kesu merupakan sebuah desa yang terletak di Tana Toraja, Kete Kesu sudah ditetapkan sebagai cagar budaya karena keunikan budayanya, Kete Kesu juga bisa kita sebut dengan nama tongkonan (rumah adat khas toraja). Kita tahu jika rumah khas Toraja memiliki keunikan tersendiri dalam arsitekturnya, atap rumah terbuat dari belahan bambu yang disusun bertumpuk tumpuk, ditambah dengan ornamen tanduk kerbau yang disusun didepan rumah. Keunkian juga akan kita temukan 50 meter kebelakang dari komplek tongkonan, disana kita bisa melihat kuburan kuno, tengkorak dan tulang belulang manusia. Kuburan batu di kete kesu diletakkan menggantung di tebing, namun ada juga beberapa makam yang ditutup dengan jeruji untuk mencegah pencurian jenazah.

Desa Wisata terbaik yang ada di Indonesia
Desa Baduy, Banten
Desa Baduy Desa ini dihuni oleh suku Baduy, untuk menuju ke desa baduy sendiri pertama kita harus menuju ke Desa Ciboleger yang merupakan pintu masuknya. Suku baduy sendiri terbagi menjadi dua, yaitu suku Baduy luar dan suku Baduy dalam, nah, dari Desa Ciboleger kita akan trekking menyusuri hutan menuju lokasi Desa Baduy selama kurang lebih 5 jam, cukup lama bukan ? Sesampainya di lokasi, kita akan melihat rumah rumah desa dengan arsitektur yang terbuat dari bambu dan daun kering sebagai atapnya, banyak fotogrfer dan reporter yang datang kesini untuk meliput atau mengambil foto keunikan desa baduy ini lho. Keunikan lainnya yang bisa kita temui di Desa Baduy adalah, sebagian besar rumah Baduy menghadap ke selatan, hal ini disebabkan karena suku Baduy masih memegang erat kepercayaannya tentang arah kiblat rumah. Nah, untuk mengenali orang-orang suku Baduy sangatlah mudah, cukup lihat pakaiannya saja, biasanya suku Baduy memakai setelan putih dengan tak lupa menggunakan ikat kepala.

Desa Wisata terbaik yang ada di Indonesia
Itulah beberapa desa yang ada di Indonesia yang membuat para wisatawan tertarik berkunjung ke desa-desa tersebut.