Dampak terlalu sering menggunakan pewarna rambut

Dampak terlalu sering menggunakan pewarna rambut

Dampak terlalu sering menggunakan pewarna rambut
Banyak masyarakat sekarang yang sering menggunakan pewarna rambut, kadang kita sering berganti-ganti warna rambut sesuai dengan keinginan kita. Namun ada hal yang perlu kita ketahui akibat dari sering menggunakan pewarna rambut bagi kesehatan kita. bibawah ini beberapa zat yang terkandung didalam pewarna rambut :
Zat berbahaya di dalam cat rambut
. Isopropyl alcohol – Kandungan ini digunkan untuk bahan pelarut pada pewarna rambut
. Propylene glycol – Bahan ini digunakan untuk membuat cat rambut mudah meresap kedalam rambut
.Polyethylene glycol – Kandungan ini digunakan untuk pembersih, sehingga cat rambut akan terlihat
lebih bersih dengan adanya kandungan ini
.Natrium lauril sulfat dan sodium laurenth sulfat
.DEA (dietanolamina), MEA (momoethanolamine) TEA (trietanolamina)
.Warna pigmen – Agar warna pada pewarna rambut lebih terlihat menarik, sehigga banyak orang yang
enginginkan rambutnya diwarnai.
.Firmaldehida

1. Dapat menyebabkan alergi
Pewarna yang ada pada rambut belum tentu dapat diterima oleh kulit rambut kita. apabila kita mengoleskan pewarna rambut secara otomatis pasti akan mengenai kulit kepala. Apabila kulit kepala tidak cocok maka akan menimbulkan alergi.
2. Kerusakan rambut
karena mengandung bahan kimia, pewarna rambut bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit. kerusakan tersebut berupa: rambut kusam, rapuh, mudah patah, kering dan kasar. kandungan kimia dalam pewarna rambut mengakibatkan kandungan protein da vitamin pada rambut menjadi berkurang, sehingga rambut menjadi tidak sehat lagi.
3. Iritasi kulit
bagi orang yang mengalami kulitnya sensitif akan mengalami iritasi saat pertama kali dipakai, seperti gatal mendadak, muncul kemerahan pada kulit, mengalami rasa (sensasi terbakar)
4. Gangguan hormonal
beberapa pewarna rambut memiliki alkylphenol etoksilat (APE), yang ditemukan di spermisida dan pestisida. kandungan ini dapat meyebabkan gangguan hormonal dalam tubuh kita.
5. kanker payudara
bukan hanya bahan kimia yang dapat merusak rambut, ada beberapa zat-zat aktif lainnyajuga bisa bersifat karsinogenik (penyebab Kanker). pernah dilakukan eksperimen dengan menguji coba 4000 wanita yang menggunakan pewarna rambut. dan hasilnya 51% dari mereka kemungkinan besar terkena kanker payudara.
6. Kelainan pada janin
selain merusak rambut dan kulit kepala, zat kimiadapat masuk kedalam aliran darah kita melalui sel-sel jaringan rambut. apabila yang menggunakan adalah ibu hamil, bahan kimia masuk lewat sel-sel rambut danmasuk kedalam aliran darah akan menuju janin dan akan berdampak buruk pada perkembangan janin tersebut.
7. Peradangan
Dalam waktu yang lama, menggunakan pewarna rambut akan menyebabkan peradangan di berbagai anggota tubuh. Jika sudah terjadi peradangan di bagian anggota tubuh maka akan terjadi reaksi buruk pada zat kimia lainnya. Apabila terjadi peradangan setelah menggunakan bahan pewarna rambut maka bersegeralah untuk periksa ke dokter. Bisa jadi masalah peradangan akan lebih bertambah besar jika tidak langsung diobati.