Candi terkenal di Indonesia

candi terkenal di indonesia

Candi terkenal di Indonesia

Candi terkenal di Indonesia – Sebuah candi (diucapkan [tʃandi]) adalah sebuah kuil Hindu atau Budha di Indonesia, kebanyakan dibangun pada masa Zaman Hindu-Buddha atau “periode India”, antara abad ke-4 dan ke-15. Dalam kamus besar mendefinisikan candi sebagai bangunan batu kuno yang digunakan untuk penyembahan, atau menyimpan abu raja atau imam Hindu atau Budha yang dikremasi.

Dalam bahasa Indonesia modern, istilah candi dapat ditermahkan sebagai “candi” atau struktur serupa, sama halnya dengan bangunan-bangunan kuil di Kamboja , Vietnam, Thailand,Myanmar dan India disebut juga candi dalam bahasa Indonesia.

Candi Jawa kuno terkenal dengan penerapan “kala-makara” sebagai elemen dekoratif dan simbols dari arsitektur bait suci. Kala adalah raksasa yang melambang waktu dengan kepala kala sebagai elemen portal kuil, itu melambangkan bahwa waktu menghabiskan segalanya dan kala juga adalah sososk yang protektif dengan wajah raksasa yang membuat takut roh jahat, sedangkan Makara adalah monster laut yang digambarkan dalam bentuk Vahana dari dewa laut Varuna. digambarkan sebagai setengah mamalia dan setengah ikan. baik Kala dan Makara dijadikan sebagai sosok pelindung pintu masuk candi.

Konsentrasi candi yang terbanyak dapat ditemukan sangat banyak di Kabupaten Sleman di Yogyakarta, juga di Magelang dan Klaten di Jawa Tengah, yang sesuai dengan kawasan historis Dataran Kedu (lembah Sungai Progo, daerah Temanggung-Magelang-Muntilan) dan Dataran Kewu (lembah Sungai Opak, sekitar Prambanan), tempat lahir peradaban Jawa. Situs penting lainnya dengan senyawa candi terkenal meliputi daerah Malang, Blitar dan Trowulan di Jawa Timur. Jawa Barat juga berisi sejumlah kecil candi seperti Batujaya dan Cangkuang. Di luar Jawa, candi candi bisa ditemukan di Bali, Sumatera, dan Kalimantan Selatan, meski cukup langka. Di Sumatera ada dua candi yang cukup terkenal Candi Muaro Jambi di Jambi dan Padang Lawas atau kompleks Bahal di Sumatera Utara.

Pada Jaman Sekarang Candi bukan hanya sebagai Tempat Sembahyang dari Umat Budha dan Hindu, candi pun menjadi salah destinasi wisata di Indonesia, berikut beberapa candi yang terkenal sebagai destinasi wisata :

1. Candi Borobudur
berada di kabupaten Magelang, Jawa tengah

2. Candi Prambanan
berada di kabupaten Klaten, Jawa tengah

3. Candi Gedong Songo
berada di Semarang, Jawa tengah

4. Candi Mendut
berada di kabupaten Magelang, Jawa tengah

5. Candi Muara Takus
berada di Riau, Sumatera

6. Candi Dieng
barada di dataran tinggi Dieng, Jawa tengah

7. Candi Padas
barada di Tampak siring, Bali

8. Candi Penataran
berada di Blitar, Jawa Timur

9. Candi Singasari
berada Malang, Jawa timur

10. Candi Ngawen
berada di Magelang, Jawa tengah

11. Candi Sambi sari
berada di Sleman, Yogyakarta

12. Candi Cetho
berada di Karanganyar, Jawa tengah

13. Candi Sukuh
berada di Karanganyar, Jawa tengah

14. Candi Jago
berada di Malang, Jawa Timur

15. Candi Kidal
berada di Jawa Timur