Buat Kamu yang “Suka Begadang” Sebaiknya Segera Hentikan, Kalau Nggak, akan Ada “Penyakit Berbahaya” yang Menyerangmu!

Buat Kamu yang “Suka Begadang” Sebaiknya Segera Hentikan, Kalau Nggak, akan Ada “Penyakit Berbahaya” yang Menyerangmu!

Begadang merupakan salah satu tindakan dimana tubuh kita kurang mendapatkan istrhat yang cukup dan bahkan bisa menimbulkan penyakit.
Inilah salah satu penyakit yang di sebabkan karna begadang.

Penyakit alzheimer adalah salah satu penyakit yang paling mudah menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut.
Penyakit ini merupakan kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita.

Hingga saat ini penyebab penyakit alzheimer belum diketahui secara pasti dan juga belum bisa disembuhkan.
Pengobatan untuk penyakit alzheimer hanya untuk memperlambat perkembangan gejalanya saja. Namun, penelitian terbaru menunjukkan kalau salah satu pemicu utama penyakit alzheimer adalah karena kurang tidur!

Orang yang mengalami sedikit tidur akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Mereka juga lebih memiliki resiko mengalami plak yang tinggi.
Plak ini biasanya tertimbun selama 10-15 tahun. Selain itu, otak menjadi memproduksi lebih banyak protein amyloid beta saat kurang tidur. Hal inilah yang kemudian menyebabkan Alzheimer.

Untuk membuktikan kalau kurang tidur mampu memicu penyakit alzheimer , para peneliti merekrut delapan orang berusia 30-60 tahun yang tidak memiliki masalah tidur apapun.
Hasilnya, tingkat amyloid beta pada orang yang kurang tidur lebih tinggi 25-30 persen daripada orang yang tidur malam tanpa gangguan.
Setelah begadang, tingkat amyloid beta peserta setara dengan orang yang secara genetik mengembangkan alzheimer di usia muda.

Para peneliti juga menggaris bawahi bahwa penumpukan protein amyloid beta tidak akan terjadi begitu saja dalam satu malam, melainkan jika seseorang terus menerus begadang.
Berdasarkan hal ini dan juga penelitian yang lain, sebaiknya seseorang melakukan kebiasaan tidur yang baik, yang juga jangan terlalu khawatir jika waktu tidurnya terlewatkan hanya semalam saja.

Cukup tidur dan nyenyak setiap hari memang dapat mencegah alzheimer. Namun, para ahli juga menambahkan kalau kurang tidur hanyalah salah satu dari banyak faktor risiko terserang alzheimer.
Penyakit ini memang mempunyai banyak sebab, kurang tidur adalah salah satunya.
Bukan berarti jika tidur cukup tidur, maka seseorang akan terbebas alzheimer. Banyak faktor risiko lain seperti obesitas, tekanan darah tinggi dan faktor genetik.

Hanya saja, seperti lirik lagu Bang Haji Rhoma Irama, “Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya,” memang ada benarnya juga loh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *