Boxer Crab Petinju Mungil di Laut

Boxer Crab Petinju Mungil di Laut

Boxer Crab merupakan salah satu jenis Kepiting. Kepiting ini tubuhnya sangat mungil tidak seperti ukuran kepiting pada umumnya, ukuran kepiting petinju ini hanya sekitar 2,5 cm. Walaupun namanya petinju kepiting ini tidak memiliki otot-otot seperti petinju tetapi tangannya seperti memakai sarung tinju.  Kepiting ini termasuk genus Lybia. Lybia adalah genus kepiting kecil di famili Xanthidae. Nama umum mereka termasuk kepiting petinju, kepiting tinju dan kepiting pom-pom. Mereka terkenal karena hubungan mutualisme dengan anemon laut, yang mereka pegang dalam cakar mereka untuk pertahanan. Sebagai imbalannya, anemon mendapatkan ‘tumpangan’ untuk dibawa ke sekitar sehingga memungkinkan mereka untuk menangkap partikel makanan lebih banyak dengan tentakel mereka. Hal ini yang menyebabkan kepiting ini seperti memakai sarung tinju. Kepiting Petinju banyak ditemukan di lautan dangkal tropis Samudera Indo-Pasifik, termasuk di Indonesia.

Kepiting petinju mememiliki ciri-ciri seperti karapas atau cangkangnya berbentuk trapesium. Permukaan karapas atau cangkang ditandai dengan beberapa perbedaan warna. Mereka tetap memiliki kaki sebagaimana khasnya kepiting berkaki sepuluh, walaupun tidaklah kuat seperti cakar. Tetapi, kaki-kaki mereka ramping dan masing-masing memiliki jari halus bantalan delapan atau sembilan. Sepasang kaki bagian depan berukuran lebih kecil dari kaki yang lainnya.

Hampir semua kepiting petinju adalah omnivora yaitu pemakan segalanya dan kepiting petinju ini setidaknya membawa tiga jenis anemon di cakarnya, diantaranya berjenis Bunodeopsis spp atau Triactis productâ. Dan mereka menjalin hubungan saling menguntungkan dengan si anemon, atau biasa juga disebut symbiosis mutualisme. Kepiting petinju ini akan menggunakan anemon di cakarnya, untuk menakut-nakuti para predator potensialnya. Tentakel anemon yang baik akan dipersenjatai dengan cnidocytes (sel penyengat). sementara anemon diuntungkan dengan kemudahannya memperoleh makanan, karena selalu dibawa kemana-mana oleh kepiting petinju.

Boxer Crab Petinju Mungil di Laut

Kepiting petinju atau kepiting pom pom juga diminati oleh para pehobi mahluk laut untuk dipelihara sebagai peliharaan. Jumlah mereka memang banyak, karena setiap bertelur. Mereka bahkan bisa memproduksinya dalam jumlah ribuan, yang akan dibawanya terus di bawah cangkang. Namun Hewan ini sangat rentan dan akan dicari dan dikonsumsi oleh ikan dan tetangga invertebrata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *