Avokad Tanpa Biji

Avokad Tanpa Biji – Alpukad (Persea Americana) merupakan buah yang sering kita jumpai. Buah serbaguna ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi manusia. Ada banyak zat yang bermanfaat terdapat dalam buah yang satu ini. Buah berwarna hijau ini sering dimanfaatkan untuk jus atau bahan dalam es campur maupun hidangan lainnya. Rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukainya.

Avokad berasal dari bahasa Aztek yaitu ahuacatl. Buah ini memang berasal dari daerah tempat suku Aztek berasal yaitu di daerah Amerika Tengah dan mexico. Awalnya, buah ini diperkenalkan oleh Martin Fernandez de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan spanyol, pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa.

Beberapa bulan belakangan ini, buah ini sempat membuat geger dan viral di Eropa yang dikenal dengan Kasus “Avocado Hands“. Kurangnya pengetahuan tentang cara membuka atau mengupas buah ini sehingga mengakibatkan ratusan orang melukai dirinya sendiri saat mencoba membuka buah avokad, menyebabkan kasus avocado hand terjadi rata-rata empat kali dalam seminggu di Eropa. Kebanyakan dari korban juga menggunakan jenis pisau yang tajam, padahal buah alpukat punya tekstur yang lembut.

Banyak dari mereka dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka otot dan saraf pada bagian tangan. Karena kemunculan fenomena ini tidak sedikit, media di Eropa banyak menjelaskan tentang cara mencegah terjadinya “avocado hands”. Selain pada artikel berita harian, banyak juga tutorial khusus untuk memberi tahu cara membuka buah alpukat dengan benar.

Akhirnya untuk menyelesaikan kasus tersebut, gerai ritel Marks & Spencer (M&S) menghadirkan buah avokad  tanpa biji untuk konsumen di Inggris. Buah yang juga dikenal dengan nama avokad koktail itu menyusul kesuksesan avokad mini dan avokad raksasa yang dirilis tahun lalu.

Avokad koktail berukuran lebih kecil daripada avokad biasa yang berbiji, dengan panjang sekitar lima sampai delapan sentimeter. Buah ini bukan hasil rekayasa genetik, tetapi berasal dari bunga avokad yang tidak mengalami penyerbukan.

Proses itu membuat buah tumbuh tanpa biji, berukuran lebih kecil, serta memiliki bagian kulit yang bisa dimakan. Daging buahnya berwarna hijau kekuningan pucat dan rasanya sama seperti avokad normal, dengan tekstur lembut dan creamy.

Pecinta avokad tidak perlu menunggu lama karena buah yang tumbuh di Spanyol ini tersedia untuk dipanen sepanjang Desember. avokad koktail biasa dikirim kepada para chef top di Paris, Prancis, dan kini sebagian dijual M&S di pertokoan mereka.

Ahli agronomi M&S Charlotte Curtis mengatakan, sebelum ini gerainya telah menyediakan berbagai avokad seperti versi mini, raksasa, dan potongan siap makan. Buah avokad tanpa biji yang sekarang hadir disebut Curtis hanya akan dirilis dalam jumlah terbatas.

Buah menakjubkan ini cocok untuk camilan, dimakan utuh untuk menu makan siang, atau menjadi tambahan dalam seporsi salad. Saran utama saya adalah menggorengnya,” ujar Curtis.

 

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *