Atraksi Budaya Menarik Dalam Festival Danau Toba

Atraksi Budaya Menarik Dalam Festival Danau Toba – Danau Toba memanglah salah satu tempat wisata yang harus kamu kunjungi yang berada di daerah Prapat, Siantar provinsi Sumara Utara.Terdapat keunikan yang ada pada danau toba yang tiap tahun dilaksanakan yaitu Festival Danau Toba yang di adakan 1 tahun sekali.Tujuan dari pelaksanaan festival Danau Toba ialah untuk menarik perhatian para wisatawan yang ada di seluruh dunia untuk mengembalikan image Danau Toba sebagai destinasi wisata favorit baik wisatawan dosmetik maupun macanegara.

Hal yang tidak boleh anda lewati dalam festival Danau Toba ialah atraksi budaya yang jarang di temukan pada hari biasa.

Baca Juga

 

Naah ini dia beberapa atraksi budaya dalam Festival Danau Toba.

Solu Bolon

Solu Bolon

Jika masyarakat China punya perahu naga, maka orang Batak punya Solu Bolon. Dalam festival kali terdapat 20 tim bertanding, adu cepat di perairan Tuktuk, Danau Toba. Perlombaan mendayung perahu tradisional ini diselenggarakan selama 3 hari. Solu Bolon berlangsung seru, digemari pengunjung yang haus hiburan.

Musik Batak Toba

Musik Batak Toba

Pada saat anda mengunjungi Dabau Toba yang sedang mengadakan festival Danau Toba anda dapat melihat langsung alat musik tradisional khas masyarakat batak. Contohnya suling bambu khas batak, taganing, gendang khas warga lokal.
Umumnya, gendang berfungsi sebagai pengiring melodi. Namun, Taganing merupakan gendang pembawa melodi. Sejauh ini, hanya ditemukan tiga gendang jenis tersebut di dunia. Yaitu entenga di Uganda, hasaing waing di Myanmar serta Taganing yang masih hidup dalam tradisi masyarakat Toba. Bahkan, Taganing memiliki varian paling banyak karena dipelihara lima sub etnik Batak, yaitu Toba, Simalungun, Pakpak/Dairi, Karo dan Mandaling. Masyarakat Toba menyebutnya Taganing, sedangkan di Simalungun dinamai gondrang sipitu-pitu.

Sigale-gale khas Danau Toba

Sigale-gale khas Danau Toba

Jika anda berkunjung ke Danau Toba jangan lupa untuk pergi ke pulau Samosir. Pada hari-hari biasa anda dapat menglihat boneka kayu khas Batak, Sigale-gale. Namun anda hanya bisa melihat boneka kayu Sigale-gale sedang pawai bersama pada saat festival Danau Toba saja.
Karnaval Sigale-gale melibatkan berbagai elemen 4 puak suku Batak.

Tari Tor-tor Sawan yang kolosal

Tari Tor-tor Sawan yang kolosal

Tarian Tor-tor sawan hanya di tampilkan pada saat musik Magondangi di putar, dalam hal tersebut merupakan ritual yang berhubungan dengan roh. Maksud dari hal tersebut ialah untuk membersihkan manusia dari perbuatan dosa. Dalam Tarian Tor-tor sawan ini di tarikan secara kolosal dengan 500 penarinya.

Ulos yang nyaris punah

Ulos yang nyaris punah

Kain tradisional Batak ini dikhawatirkan akan punah dalam dua generasi mendatang.
Penyebabnya ialah harga benang kelewat mahal dan harga Ulos jatuh di pasaran akibat sepi peminat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *