Apa itu Hoax

apa itu hoax

Apa itu Hoax
Hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. istilah ini ada sejak jaman dahulu, yakni “Hocus” dari mantra “Hocus pocus” atau yang lazim disebut “sim salabim”.

Hoax pertama kali dipublikasikan di almanak (kalender) palsu yang dibuat oleh Isaac Bickerstaff alias Jonathan Swift pada tahun 1907. saat itu ia meramalkan kematian astrolog Jhon Patridge, agar meyakikan, ia bahkan membuat abu=ituari palsu tentang Patridge pada hari yang diramal sebagai hari kematiannya. Swift mengarang informasi tersebut untuk mempermalukan Patridge, Patridge pun berhenti membuat almanak astrologi hingga enam taun setelah hoax beredar.

Hoax pada masa ini menjadi merajalela, karena begitu mudah orang mencari informasi tentang apapun dan bersosialisasi dengan siapa pun semakin mudah
karena kemudahan yang diberikan oleh kemajuan teknologi.

Bisa kita melihat Sekarang ini Pengguna media sosial cenderung berinteraksi dengan orang atau kelompok yang memilki ketertarikan yang sama dengan dirinya. kelompok-kelompok masyarakat yang ada sekarang ini kembali pada pola yang lam yaitu semuanya harus bertumpu pada opini yang dikeluarkan oleh pemimpin mereka. media sosial menjadi sarana yang tepat bagi karena kecepatan dan mudah, untuk menyebarkan kabar bohong (Hoax) apalagi berita itu dilakukan oleh seseorang yang terkemuka dan mempunyai pengikut yang banyak.

Dari penjelasan diatas kita dapat mengidentifikasi suatu berita itu hoax apa tidak :
1. Hati-hati dengan judul yang provokatif
berita yang berisi tentang hoax selalu mengunakan judul yang provokatif, dengan langsung menuding ke pihak tertentu, isi dari hoax tersebut diambil dari media resmi, namun diubah agar menjadi persepsi yang dikehendaki oleh oleh sang pembuat hoax. apabila anda memperoleh berita dengan dengan judul yang provokatif lebih baik anda mencari tahu dulu tentang kebenaran dengan membuat referensi dari berbagai sumber, kemudian bandingkan informasi tersebut.
2 Cermati alamat situs
pastikan bahwa informasi yang diperoleh dar website harus dicek alamat URL situs tersebut. Apabila situs itu belum terdaftar akan terverifikasi sebagai situs yang tidak resmi.
3. Cek keaslian foto
sekarang ini bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi namun foto ataupun video juga bisa dimanipulasi untuk memprovokasi pembaca. cara mudah mengecek keaslian foto bisa dengan memanfaatkan pencarian dimesin pencari, kemudian bandingkan dengan gambar yang ada dapatkan dari hoax tersebut.
4. Ikut serta group diskusi anti hoax
banyak terlibat atau berpartisipasi dengan group anti hoax agar anda terbantu dalam menganalisa dan memperoleh kebenaran akan sebuah info yang anda terima.

Bagi pengguna internet anda dapat mengadukan konten Negatif ke Kementrian Komunikasi dan Informatika dengan melayangkan e-mail ke alamat aduankonten@mauil.kominfo.go.id