Mainan yang berbahaya bagi anak-anak

Mainan yang berbahaya bagi anak-anak

Mainan yang berbahaya bagi anak-anak
Mainan merupakan barang yang sangat disukai oleh anak-anak, pada masa prtumbuhan mainan dituhkan anak-anak untuk belajar, berinteraksi dengan anak-anak yang lain dan juga terhadapa lingkungan. namun ada beberapa permainan anak yang berbahaya dimainkan oleh mereka. bahkan beberapa produk ditarik dari pasaran karena dianggap membahayakan bagi anak-anak.
Jenis-jenis mainan apa saja yang berbahaya bagi anak-anak :
1. Mainan dengan Mengunakan baterai
Bentuk baterai yang bulat dan pipih, karena bentuknya yang mirip dengan permen. Membuat anak -anak penasaran dan ingin mencicipinya, dengan ukuran yang kecil membuat anak-anak mudah untuk menelannya.
2. Senapan atau Pistol Mainan
anak-anak sering mengabaikan jarak yang aman dalam memainkan mainan ini, kadang mainan ini bisa mengakibatkan cedera yang serius bagi anak-anak
3. Balon Udara
balon terlihat tidak terlau berbahaya, namun dampak dari bisa mempengaruhi kesehatan anak, misalnya balon yang meletus mengakibatkan tuli bagi anak balita karena suaranya yang begitu kencang, bau dari balon tersebut bisa mengakibatkan efek keracunan buat anak.
4. Permainan yang terdapat magnet kit.
keberadaan magnet kit dalam mainan membuat anak-anak penasaran. melihat bentuk dan ukurannya akan membuat anak-anak ingin mencicipi karena dianggap serupa dengan permen. Apabila tertelan akan membahayakan kondisi kesehatan dari anak.
5. Mainan satu dokter mainan buat anak
ada beberapa item yang terdapat dalam mainan ini yang berbahaya buat anak, misalnya jarum suntikan, gunting, karena bisa disalah gunakan. Apalagi kalau anak menemukkan alat yang sungguhan dan dipergunakan.
6. Mainan dengan baling-baling
helikopter atau pesawat ynag menggunakan baling-baling sangat berbahaya buat anak, sebab akan melukai anggota tubuh mereka.
7. Fidget spinner
merupakan mainan yang sempat populer beberapa waktu lalu. banyak anak-anak yang memainkan permainan ini dan banyak juga kasus, akibat yang ditimbulkan bagi anak-anak misalnya luka dan tertelan. dibeberapa negara bagian AS sudah melarang penggunaan mainan ini disekolah.

Dari beberapa penjelasan diatas, apabila anda ingin membelikan mainan untuk anak pertimbangkan terlebih dahulu aspek keselamatan dan kesehatan buat anak anda. Sesuaikan dengan umur dan kebutuhan anak bagi tumbuh kembang si anak.