5 Stasiun Tertua Di Indonesia

5 Stasiun Tertua Di indonesia

5 Stasiun Tertua Di Indonesia

Kereta merupakan alat transportasi darat yang sudah ada pada masa penjajahan belanda, bahkan ada kereta yang sudah berumur ratusan tahun, sampai sekarang pun keberadaannya masih ada dan tetap dirawat sebagai saksi sejarah di tengah berkembangnya alat-alat transportasi darat. ternyata bukan hanya kereta saja yang masih bertahan dari masa itu, Stasiun memiliki peranan yang tak kalah pentingnya dengan kereta api itu sendiri. Di stasiun inilah orang-orang menunggu kereta api yang akan mengantar mereka ke tempat tujuan-tiba, ada beberapa stasiun kereta yang juga ada beberapa yang masih berdiri dan beroperasional sampai dengan sekarang, berikut adalah 5 stasiun kereta tertua yang masih ada sampai sekarang.
1. Stasiun Tambaksari, Semarang
Stasiun ini dibangun pada tanggal 16 juni 1864 dan diresmikan oleh Gubernur Jenderal Baron Sloet van de Beele, pada tanggal 10 agustus 1867 sebuah kereta meluncur pertama kali di stasiun ini. Dioperasikan oleh perusahaan belanda pada saat itu Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij ( NIS ) yang bermarkas di Gedung Lawang Sewu.
2. Stasiun Semarang Tawang, Semarang
Stasiun Semarang tawang dibangun dan diresmikan pada tanggal 19 juli 1868, stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di indonesia setelah Stasiun Tambaksari. Stasiun ini sampai sekarang masih melayani kereta api hanaya untuk eksekutif dan bisnis.
3. Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta
Stasiun Lempuyangan merupakan stasiun yang terletak dikota Yogyakarta. Stasiun ini didirikan pada tanggal 2 Maret 1872 dan sekarang melayani pemberhentian semua kereta api ekonomi yang melintasi Yogyakarta.
4. Stasiun Ambarawa, Ambarawa Jawa Tengah
Stasiun didirikan pada tahun 1873, sekarang Stasiun ini dialih fungsikan sebagai Meseum kereta api. Stasiun ini memilki lokomotif kereta uap yang sampai sekarang masih dapat dipergunakan sebagai kereta api wisata, dan merupakan kereta api uap bergerigi salah satu dari 3 kereta api yang masih ada di dunia dan masih aktif. dan stasiun memiliki beberapa lagi koleksi lokomotif uap sampai dengan yang paling besar.
5 Stasiun Kedungjati, Grobogan Jawa Tengah
Stasiun ini terletak di Kedungjati, Grobogan. Stasiun ini diresmikan pada tanggal 21 Mei 1873.

itulah beberapa Stasiun tertua di Indonesia, Semoga info yang kami bagikan memberikan anda pengetahuan penting tentang sejarah kereta api di Indonesia.