Fakta Unik Pada OrangUtan

Fakta Unik Pada OrangUtan

Fakta Unik Pada OrangUtan – OrangUtan adalah hewan yang sejenisa dengan simpanse dengan memiliki lengan yang panjang, hewan ini memiliki bulu yang lebat da bewarna coklat kemerahan. Hewan ini hidup berada di hutan tropik yang ada di Malaysia dan Indonesia, dan di wilayah indonesia orang utan tersebar di pulau sumatrad dan kalimantan.

Istilah kata OrangUtan berasal dari bahasa melayu, yaitu “orang” yang berarti manusia, “utan” yang berati huta. Orang utan mempunai 2 spisies yaitu orangutan kalimantan (borneo)(pongo pygmaneus) dan orangutan sumatra (pongo abelii).

BACA JUGA

Nah ini dia beberapa fakta mengenai OrangUtan.

1. Orangutan Nyaris Mirip Manusia.

Hewan mamalia ini memang memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan manusia, yaitu terdapat pada tingkat kingdom animalia. Orangutan memiliki level kesamaan DNA dengan manusia sebesar 96,4%.

2. Orangutan Tergolong Hewan Pintar.

OrangUtan Dikenal sebagai primata yang pintar, Orangutan memperlihatkan kecerdasannya di alam liar dengan cara memanfaatkan benda di sekitar nya untuk mencari makan dan berlindung dari kondisi alam yang tidak menguntungkan baginya. Orangutan dapat menggunakan daun sebagai pelindung sinar matahari serta memakai tongkat (kayu) sebagai alat bantu untuk mengumpulkan makanan.

3. Orangutan Memiliki Kekuatan Enam kali Manusia Dewasa.

Menurut informasi dari Orangutan Information Center, OrangUtan memiliki kekuatan enam kali lipat manusia dewasa, memiliki gigitan yang sangat kuat serta empat tangan. Namun, umumnya orangutan bersifat tidak berbahaya karena tergolong hewan yang tenang.

4. Orangutan Dapat memanggil Dari Jarak 1 Km.

Orangutan jantan mampu membuat panggilan jarak jauh yang dapat didengar sampai radius 1 km. Digunakan untuk mencegah orang utan jantan lainnya yang mengganggu, memanggil sang betina. menandai atau mengawasi arealnya, Hal tersebut bisa mereka lakukan karena mempunyai kantung tenggorokan yang besar.

5. Orangutan membuat kasur sendiri Di alam liar.

OrangUtan menata dedaunan dan ranting-ranting pohon utuk membuat tempat tidur agar tidur mereka nyaman. tempat tersebut bisa kita sebut sebagai sarang. mereka membuat sarang sekitar dua atau tiga kali dalam sehari dengan lebar kira-kira satu meter. Mereka membuat sarang di pagi hari untuk beristirahat dan bermain. Namun, berbeda dengan burung yang bersarang di satu tempat dalam jangka waktu yang lama, orangutan biasanya hanya menempati sarang mereka untuk sesaat saja.

6. Orangutan suka sekali menjalajah.

OrangUtan liar jarang sekali bermain di atas tanah, hal yang sama juga terjadi dengan orangutan yang sudah tinggal di kebun binatang. Menurut data penelitian yang dilakukan oleh Desli Triman Zendrato Pindi Patana dan Bejo Slamet pada tahun 2010, orangutan jantan dewasa menjelajah sejauh 651 meter /hari di area seluas 46 hektar sedangkan orangutan dewasa betina memiliki daerah jelajah sejauh 916 meter /hari di dalam area seluas 12,5 hektar. Dua hal yang mempengaruhi variasi jarak jelajah dan daerah jelajah mereka ialah interaksi sosial dan ketersediaan makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *